HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Jumat: 09 Juni 2017, Mrk. 12:35-37

DALAM menyelesaikan masalah, umumnya kita akan lebih dahulu mengndalkan kekuatan dan kepintaran kita sendiri. Sesudah keadaan makin sulit, barulah kita ingat akan kekuatan dari Tuhan. Tapi Tobit dan isterinya, Hana lain: mereka tetap mengandalkan Tuhan lebih dahulu. Karena itu, lewat malaikat Rafael, Tuhan menyembuhkan Tobit yang buta dengan olesan empedu ikan. Tobit tua sembuh berkat anaknya, Tobia. Kisah mereka ini melambangkan hati yang terbuka bagi Tuhan. Hati yang demikian ini menjadi lahan bagi penerimaan karunia Tuhan. Walau berada di tempat pembuangan dan buta, Tuhan tetap memperhatikan Tobit yang setia pada-Nya.

Lebih dari Tobit, Yesus mengajak kita untuk mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Yesus sendiri tidak mengandalkan diri-Nya. Ia memang Anak Daud, tapi ia bukanlah Mesias Politik. Ia tidak mau mencari kekuasaan duniawi. Ia hanya menjalankan kehendak Bapa saja, sampai Ia wafat di salib. Yesus melebihi ktia semua dalam hal mengandalkan Tuhan. Semoga kita dapat meneladani-Nya.

Ya Tuhan, tolonglah aku  untuk mengandalkan Engkau saja dan percaya bahwa keselamatan hanya datang dari-Mu. Terpujilah Engkau kini dan sepanjang masa. Amin.

 

Sumber: Ziarah Batin 2017

Kredit Foto:  Tobit disembuhkan dari kebutaan

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close