HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Sabtu: 24 Juni 2017,Luk. 1:57-66.80 – HARI RAYA KELAHIRAN SANTO YOHANES PEMBAPTIS

OHANES Pembaptis adalah anak Zakharia dan Elisabeth. Kelahirannya telah disampaikan oleh Malaikat Gabriel kepada Zakharia dan Bunda Maria. Kelahirannya ajaib, sebab kedua orangtuanya sudah tua dan ibunya mandul. Tuhan mempunyai rencana sendiri atasnya. Ia diutus menjadi perintis jalan bagi Yesus. Ia mempersiapkan bangsa Israel menerima Yesus, Sang Juru Selamat.

Yohanes seorang nabi besar. Hal ini dikatakan Yesus sendiri: “Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah ada seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis” (Mat. 11:11). Walaupun orang besar, Yohanes bukanlah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Ia sendiri menunjuk kepada Yesus, katanya: “ Ia harus semakin besar, tetapi aku harus semakin kecil“ (Yoh. 3:30). Prinsip inilah yang harus menjiwai kita juga: Kita tidak boleh sombong, membesar-besarkan karya, usaha dan kesuksesan kita, sebab semuanya itu berasal dari Tuhan. Kita harus semakin kecil, Yesuslah yang semakin besar. Bukan sebaliknya!. Hanya dengan cara inilah kita menjadi perintis jalan agar orang lain mengenal Yesus. Setiap orang punya tugas masing dan telah menguduskan kita. Tuhan punya rencana atas kelahiran kita masing-masing. Marilah kita bersyukur atas kelahiran kita dan tekun menggali dan menemukan rencana Tuhan atas kelahiran kita di dunia ini.

Ya Tuhan Yesus, semoga aku bersukacita atas kelahiranku dan semoga aku dapat menjadi jalan bagi orang lain menjadi pengikut-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2017

Kredit Foto: Yohanes Pembaptis sedang mengajar

Tags

Related Articles

Close