Larantuka Berjurnalistik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

KOMISI Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Larantuka menggelar pelatihan jurnalistik bagi para pelaku Komsos di seluruh paroki di keuskupan yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini. Pelatihan jurnalistik ini mengangkat tema “Menjadi Penulis Produktif: Media sebagai Sarana Pewartaan Injil”.

Pelatihan yang berlangsung 20-22 Juli 2017 ini terselenggara berkat kerjasama Komisi Komsos Keuskupan Larantuka dengan Komisi Komsos Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Tim Komsos KWI tiba di Larantuka pada Kamis sore, 20 Juli 2017, dan disambut secara meriah di Rumah Bina Saron. Tempat ini adalah wadah bagi Sekretariat Pastoral (Sekpas) Keuskupan Larantuka untuk mengadakan pelatihan dan pembekalan. Tim Komsos KWI terdiri dari Sekretaris Komisi Komsos KWI, RD Kamilus Pantus; Wakil Ketua Komsos Keuskupan Ruteng, RD Heribertus Ratu; mantan wartawan dan trainer berpengalaman, A.A. Kunto; serta wartawan dan mantan Pemimpin Redaksi Majalah HIDUP, R.B.E. Agung Nugroho.

Selain untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para pelaku Komsos Paroki, pelatihan jurnalistik ini diharapkan mampu memicu geliat Komsos di Keuskupan Larantuka. Dalam pelatihan kali ini, para peserta diundang untuk mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada agar mampu memanfaatkan aneka media yang ada di paroki masing-masing. Mereka belajar menulis berita, feature, opini, dan mengelola media sosial demi kebutuhan pewartaan Gereja.

Dari 49 paroki di Keuskupan Larantuka dan lima Sekolah Menengah Atas Katolik yang diundang, hadir 27 peserta. Mereka datang dari paroki-paroki di sekitar Larantuka, Pulau Adonara, Pulau Solor, bahkan Lembata.

Share.

About Author

Comments are closed.