Propaganda Fide Mengangkat Mgr. Anton Sebagai Visitor Apostolik

0

SEKRETARIS Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (Sekjen KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC yang juga uskup Bandung, diangkat oleh oleh Congregasi Suci Propaganda Fide Vatikan sebagai Visitor Apostolik. Pengangkatan uskup Anton sebagai Visitor Apostolik, berkaitan dengan tugas khusus menangani masalah yang ada di Gereja Lokal Keuskupan Ruteng, Manggarai.

Menanggapi tugas yang diberikan Tahta Suci Vatikan, Mgr. Anton akan melakukan visitasi kanonis yang pertama dalam bulan Agustus 2017 ini. Dalam visitasi perdana ini, sebagai visitor Apostolik akan menjalankan tugas mengklarifikasi dan memverifikasi berbagai isu yang sedang beredar mengenai Mgr. Hubert Leteng, Uskup Ruteng dan membuat laporan tertulis dari hasil visitasi tersebut untuk diteruskan ke Vatikan.

Menurut Uskup Anton, “Agar visitasi berjalan sesuai dengan harapan, saya diminta mempelajari berbagai dokumen yang berkaitan dengan keadaan Keuskupan Ruteng saat ini”. Lebih lanjut, Sekjen KWI ini berharap dalam kunjungan perdana nanti bisa mendapatkan data-data yang akurat mengenai kemelut yang terjadi di Keuskupan Ruteng.

Sebagaimana yang tertulis dalam pesan singkatnya kepada kami, Mgr. Anton akan “berbicara (interview) berbagai pihak yang relevan terutama para uskup sewilayah provinsi gerejani, para imam dan religius. Jika diperlukan, bisa juga mewawancarai beberapa umat”. Diharapakan masukan dari berbagai pihak ini akan mendapatkan gambaran yang obyektif mengenai masalah uskup Ruteng untuk disampaikan ke Vatikan.

Kredit Foto: Mgr. Anton (kiri) bersama Mgr. Ignatius Suharyo (kanan) saat memimpin sidang tahunan para uskup Indonesia di KWI Jakarta, 7/11/2016, (Foto: Komsos KWI)

Share.

About Author

RD. Kamilus Pantus

Imam diosesan (praja) Keuskupan Weetebula (Pulau Sumba, NTT); misiolog, lulusan Universitas Urbaniana Roma; sekarang berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI.

Leave A Reply