KWISEPUTAR VATIKANUrbi

33 Frater dan 3 Bruder SVD Ucapkan Kaul Pertama, 30 Frater Baharui Tri Kaul Kebiaraan

MIRIFICA.NEWS, Maumere –  Meski dihadapkan pada berbagai tantangan zaman, benih panggilan di antara orang-orang muda terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Setelah melewati serangkaian masa pembinaan dan pendidikan, para calon imam akhirnya mengucapkan kaul pertama. Bagi mereka yang telah mengucapkan kaul pertamanya, perlu membaharui tri kaul kebiaraan hingga kemudian mengucapkan kaul kekal.

Para Frater SVD di Unit Arnoldus Yanssen, Ledalero sesaat setelah misa pembaharuan Tri Kaul kebiaraan/Foto: P. Hendrik Maku, SVD

Seperti yang terjadi pada hari ini, Selasa (15/8/2017). Sebanyak 33 Frater dan 3 Bruder SVD mengucapkan kaul pertama mereka di Komunitas SVD Nenuk, Atambua. Sementara itu, sebanyak 30 Frater SVD yang tinggal di Biara Arnold Yanssen, Ledalero membaharui Tri Kaul kebiaraan mereka. Ketiga kaul kebiaraan itu yakni kaul kemurnian, kaul ketaatan, dan kaul kemiskinan. Tradisi pengucapan Tri Kaul Kebiaraan itu dilakukan hanya oleh komunitas religius, salah satunya adalah Serikat Sabda Allah yang didirikan oleh Arnoldus Yanssen.

Pastor Lukas Uran, seorang imam SVD yang saat ini bertugas di STM Nenuk mengatakan, perayaan Misa pengikraran kaul pertama dipimpin oleh Propinsial SVD Timor, Pastor Didimus Nai, SVD. 
Dalam  khotbahnya Pastor Didimus mengingatkan para Frater akan pentingnya menghidupi ketiga kaul, kemurnian, kemiskinan dan ketaatan dlm seluruh aspek kehidupan sebagai anggota SVD. Provinsial SVD Timor itu berpesan agar para Frater dan Bruder mampu meneladani Maria, wanita bersahaja, rendah hati tapi menjadi istimewa karena terpilih dan menjawab Ya pada kehendak Tuhan. Hendaknya kaul pertama yg diikrarkan hari ini menjadi langkah awal dan kekuatan utk kaul kekal nanti meskipun jalan panggilan masih panjang.
 Menurut Pastor Lukas, saat ini orang muda yang masuk ke Kongregasi SVD terbilang cukup banyak. Ia mengatakan nanti tanggal 23 Agustus ada 76 orang yg akan memulai masa novisiat di novisiat SVD St. Yosep Nenuk. Jumlah ini belum terhitung dengan mereka yang masuk masa Novisiat di Kuwu Ruteng dan di Malang, Jawa Timur.
Saat ini, di Indonesia terdapat 4 Provinsi Serikat Sabda Allah, yakni Provinsi SVD Jawa yang berpusat di Malang, Provinsi SVD Timor yang berpusat di Nenuk, Atambua, Provinsi SVD Ruteng di Ruteng, dan Provinsi SVD Ende berpusat di Ende.

 

Kredit Foto: P. Hendrik Maku, SVD dan P. Lukas Uran, SVD

 

John L. Wujon

Staf Sekjen KWI. Mantan staf Komisi KOMSOS KWI (2015-1 Mei 2019?

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close