KWI

Hari Ketiga Studi Para Uskup: Apa Peran Gereja dalam Mengamalkan Pancasila

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

HARI studi Para Uskup memasuki puncaknya pada Rabu (8/11/2017). Setelah melewati dua hari studi dengan menggumuli beragam tema seperti kondisi bangsa kekinian, politik Indonesia menuju 2017-2018, Upaya Merawat Indonesia, dan sharing pengalaman partisipasi awam Katolik terkait dinamikan di sektor publik, pagi ini para Uskup Indonesia kembali melanjutkan studi mereka.

Tema studi para Uskup pada hari ketiga ini sebagaimana dijabarkan dalam 3 pertanyaan pokok diskusi  adalah menyangkut peran Gereja (Awam dan Hirarki) dalam Mengamalkan Pancasila.

Dipandu oleh Sekretaris Komisi Kerasulan Awam KWI, Romo Guido Suprapto, para Uskup diberikan tiga pertanyaan penting untuk didiskusikan di kelompok masing-masing berdasarkan regio gerejani Indonesia. Tiga pertanyaan pokok itu antara lain:

Pertama, peran apa yang harus dilakukan Gereja (Awam dan Hirarki) dalam rangka mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar Gereja semakin relevan dan signifikan?; Kedua, Apa yang harus dilakukan Hirarki sebagai upaya mendukung peran awam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; dan Ketiga, output atau tindaklanjut apa yang diharapkan setelah hari studi ini?

Nantinya, setelah diskusi dalam kelompok para Uskup akan kembali bertemu dalam ruang sidang untuk pleno dan rangkuman hari studi. Sesuai jadwal, pleno akan dilangsungkan pada pkl. 11.00-13.00 dan akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal KWI, Mgr. Anton Subianto Bunjamis, OSC.

 

Share.

About Author

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Leave A Reply