HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Jumat: 19 Januari 2018, Mrk. 3:13-19

ANGGILAN seseorang untuk mengikuti rancangan Tuhan sering kali lahir dari kehendak Tuhan sendiri.Ia sendirilah yang memilih orang-orang yang dikehendaki-Nya. Namun, manusia pun memiliki kebebasan untuk mengatkan ‘ya’ atau menjawab ‘tidak’ atas tawaran panggilan dari Allah.Sebab, panggilan dari Allah tak pernah berarti sebuah pemaksaan.

Tuhan pun memilih Daud dari antara saudara-saudaranya. Sosok terpililh ini menjadi perpanjangan tangan Allah dalam penggembalaan bangsa Israel agar tetap setia kepada Allah.Tindakan yang serupa dilakukan oleh Yesus. Dia memanggil dua belas orang yang dikehendaki-Nya sebagai murid-murid-Nya. Hal yang menarik adalah bahwa baik Daud maupun murid-murid Yesus berani menjawab ‘Ya’ atas tawaran panggilan dari Allah. Mereka pun ikut ambil bagian dalam karya pewartaan yang direncanakan Tuhan.

Secara khusus para murid menerima mandat untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah. Mereka menjadi perpanjangan tangan Tuhan dalam mewartakan kabar gembira kepada semua orang terutama kepada mereka yang terpinggirkan.

Yesus  juga memberi mereka kuasa untuk mengusir setan. Para murid dipersenjatai-Nya dengan kekuatan Allah. Mereka dimampukan untuk mengalahkan setan-setan sehingga semakin banyak orang akan mengalami kedamaian.

Sesungguhnya, melalui Sakramen Baptis, kita pun telah dipanggil dan dipilih oleh Allah sebagai murid-murid-Nya.Kita menerima tuga untuk mewartakan kabar gembira.Kita juga dinaungi Roh Kudus agar mampu mengahalau kekuatan jahat.

Ya Bapa, jadikanlah aku sebagai alat-Mu sehingga warta sukacita-Mu semakin dirasakan oleh banyak orang. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2018, Penerbit OBOR Indonesia

Tags

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close