HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Selasa: 15 Mei, Yoh. 17:1-11a

EBELUM wafat, Yesus meninggalkan wasiat. Setelah menyelesaikan tugas-Nya, Ia akan kembali ke surga. Hidup-Nya dipersembahkan untuk kemuliaan Bapa-Nya dan untuk keselamatan manusia (bdk. Yoh. 17:1-2). Yesus berdoa untuk manusia yang berziarah di dunia ini, dan Dia akan mengirimkan seorang penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan menyertai kita sampai selama-lamanya.

Sebelum berpisah, Paulus pun memberikan wasiat (bdk. Kis. 20:17-27). Ia mengumpulkan para penatua jemaat di Miletus. Ia merasa hidupnya akan mencapai garis akhir. Ia telah melaksanakan tugasnya mewartakan Injil dan bersaksi supaya orang-orang bertobat kepada Allah dan percaya kepada Kristus. Kini, penjara dan sengara menunggunya. Ia ingin jemaat tetap hidup dalam iman yang teguh. Dan ia mengajak siapa saja yang diserahi tugas dalam Gereja untuk tidak mengejar keuntungan diri, melainkan hanya mencari dan melayani Kristus. Tugas pewartaanpun menjadi tugas kita semua pengikut Kristus. Meskipun, sering kita merasa malu atau tidak sanggup. Kadang, ada pula yang melayani Gereja dengan tujuan mendapatkan keuntungan material, popularitas diri, atau pun hal lainnya. Itu semua harus ditinggalkan.

Pada hari kelima novena Pentakosta ini, semoga Roh Kudus turun dan menolong kita memurnikan tujuan pelayanan kita.

Ya Tuhan, turunkanlah Roh Kudus-Mu atasku dan baharuilah hatiku agar motivasi pelayananku menjadi murni dan tanpa noda. Amin.

 

Sumber: Ziarah Batin 2018

Tags

Related Articles

Close