BERITA

Buka Pelatihan Video Jurnalistik, Presiden Signis Indonesia Sebut Tiga Hal yang Perlu Bagi Pegiat Media Pastoral

Presiden Signis Indonesia Rm. Steven Lalu Pr menyatakan tiga hal yang perlu dimiliki oleh para pegiat media komunikasi pastoral dewasa ini, yaitu spiritualitas, keterampilan, dan kerja sama berjejaring. Melalui pelatihan video jurnalistik yang diselenggarakan oleh Signis Indonesia di Bali, 16 – 18 Mei 2018, peserta diharapkan dapat memperdalam tiga hal itu sebagai bekal bagi karya mereka di wilayah masing-masing.

“Menjadi Komunikator yang baik, sekurang-kurangnya kita membutuhkan 3 hal: Spiritualitas, keterampilan dan kerjasama berjejaring,” kata Romo Steven dalam sambutan pembuka pelatihan Video jurnalistik di Wisma Keuskupan Denpasar, Rabu (16/05/2018).

Sebagai komunikator yang beriman katolik, Romo Steven menjelaskan, tugas utama para pegiat media komunikasi pastoral yaitu mewartakan pesan-pesan cinta kasih. Untuk itu, mereka perlu memiliki komitmet pelayanan dan menjunjung tinggi nilai-nilai iman kristiani. Selain itu, mereka membutuhkan keterampilan yang memadai dan kerja sama atau berjejaring untuk mengemas pesan-pesan itu.

Signis Indonesia menyelenggarakan Training of Video Journalism selama tiga hari di Denpasar Bali. Sebanyak 40 peserta hadir terdiri atas utusan dari Komisi Komsos keuskupan-keuskupan dan lembaga-lembaga penyiaran yang bergabung dalam asosiasi media katolik Signis Indonesia.

Pelatihan didampingi oleh tim SAV PUSKAT dan KOMSOS Keuskupan Agung Semarang. Selain materi dasar-dasar sinematografi dan teknik reportasi, peserta direncanakan akan melakukan praktik peliputan dengan mengambil berbagai topik menarik di Keuskupan Denpasar.

Romo Heribertus (Erick) Ratu

Pastor Diosesan di Keuskupan Ruteng, Ketua Komisi Komsos Keuskupan Ruteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + five =

Close