BERITA
Trending

Nota Pastoral KWI 2018 Jadi Acuan Tema Workshop Audio Visual

MIRIFICA.NEWS, TANGERANG – Workshop Audio Visual Komsos KWI untuk utusan Komsos se-Indonesia dimulai di Wisma Canossa, Bintaro, hari ini. Di awal pelatihan, Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, RD Kamilus Pantus memperkenalkan Nota Pastoral KWI terbaru yang bertema “Panggilan Gereja dalam Hidup Berbangsa”.

Gembala Gereja mengajak umat beriman untuk mencermati realitas bangsa Indonesia yang sedang menghadapi berbagai persoalan: minimnya pengelolaan sumber daya alam, eksklusivisme agama, dsb. Fenomena ini ditanggapi dengan inisiatif Gereja untuk tidak memisahkan urusan manusiawi dan Ilahi. Seperti dicatat dalam Nota Pastoral 2018 pasal 27.3, Gereja diajak untuk bertindak secara sosial karitatif dalam berbagai bentuknya.

Nota pastoral ini pun dijadikan acuan tema dari film yang akan diproduksi peserta. “Dari Nota Pastoral saja, sudah ada beberapa tema yang kita bisa angkat sebagai film,” tegas RP Murti, SJ, fasilitator Workshop Audio Visual ini.

Workshop dimulai siang ini sampai lusa (29/5). Harapannya, peserta dapat pulang ke keuskupan dan paroki masing-masing untuk menjadi bagian Gereja yang relevan dan signifikan bagi kebutuhan dunia sekarang ini dengan cara memproduksi konten audio visual.

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

Close