HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Jumat: 13 Juli 2018, Mat. 10:16-23

EKAN beriman yang terkasih. Dalam hidup bersama, kita dituntut untuk mengembangkan karekter-karakter unggulan seperti, ‘tanggungjawab’, ‘kesetiaan’,dan ‘kejujuran.’ Tuntutan itu mengandung ajakan untuk mengembangkan hidup bersama yang baik dan harmonis. Selain itu, kita dituntut pula memiliki karakter kristiani yang ‘tahan banting’ dan dapat diandalkan, sehingga kita tidak mudah terjerumus dalam arus masvarakat. Karakter kristiani inilah yang diutarakan Yesus dalam kisah lnjil hari ini. Yesus mengibaratkan perutusan para murid sebagai ‘domba yang datang ke tengah-tengah serigala’. Perutusan kemuridan mengandung tantangan dan cobaan yang berat. Murid Kristus kerap diperhadapkan pada penganiayaan dan penolakan,

Berhadapan dengan situasi demikian, seorang murid Kristus tidak boleh menyerah. Ia harus menjadi ‘cerdik seperti ular’. Artinya, ia perlu melihat peluang demi kelangsungan pewartaan Kerajaan Allah. Selain itu, ia perlu menjadi ‘tulus seperti merpati’. Artinya, ia mampu bertahan dari setiap rayuan dunia yang dapat melumpuhkan karya pewartaan Kerajaan Allah. Dengan ini, Yesus hendak mengajak kita untuk membentuk pribadi yang matang sebagai murid Kristus. Identitas kekristenan sepatutnya berdaya guna dalam hidup bermasyarakat. Yesus menuntut setiap dari kita untuk menjadi pewarta Kerajaan Allah yang sejati.

Ya Allah, mampukanlah diriku agar tidak terbuai oleh bujukan dunia yang membaat aku kehilangan motivasi untuk menjadi pengikut Kristus. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2018

 

Tags

Related Articles

Close