HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Kamis: 09 Agustus 2018, Mat. 16: 13 – 23

EPANG menjadi salah satu negara yang anak – anak dan kaum mudanya melakukan bunuh diri tertinggi di dunia. Namun, di sisi lain Jepang juga menjadi salah satu negara yang jarang terjadi konflik terbuka di tengah-tengah masyarakatnya. Konon, angka kematian bunuh diri yang semakin signifikan ini terjadi karena suasana kehangatan, keterbukaan dan dialog yang kurang terjalin di tengah-tengah hidup keluarga dan komunitas. Kuantitas dan kualitas perjumpaan dan dialog hati tidak terbangun di setiap keluarga karena kesibukan masing-masing anggota keluarga. Anak-anak dan anggota keluarga dan komunitas tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan perjumpaan hati ke hati.

Injil hari ini memaparkan kepada kita bagaimana dialog yang mendalam terjalin antara Yesus Sang Guru dan para Rasul-Nya sebagai pengikut dan murid Yesus. Sebuah relasi yang sangat dekat, intim, terbuka dan mendalam terjadi di dalam anggota komunitas yang dibangun oleh Yesus. Bagi mereka yang dipanggil untuk hidup berkeluarga, ciptakanlah relasi mendalam di antara anggota keluarga Anda dengan menyediakan waktu yang cukup untuk bersama. Bagi saudara-saudari yang dipanggil untuk menjadi imam, biarawan/wati. Ciptakanlah komunikasi yang mendalam dalam kehidupan Anda.

Ya Yesus, aku percaya akan kerahiman dan kemurahan hati-Mu. Mampukanlah aku membangun keluarga dan komunitas yang terbuka dan saling menghargai. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2018

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =

Close