BERITAKOMISI-KOMISIKOMSOS KWIKWI

Aksi Cepat Tanggap Gereja Katolik Hadapi Persoalan Media Sosial

RAPAT pleno tiga tahunan Komisi Komsos se-Indonesia yang berlangsung Selasa lalu sampai dua hari ke depan (14-16/8) mengambil tema Transformasi Komunikasi Sosial di Era Digital. Pengambilan tema dilatarbelakangi oleh situasi perubahan dunia digital yang demikian pesat menyisakan masalah-masalah sosial dan harus segera ditanggapi Gereja Katolik dalam hal ini Komisi Komsos.

“Anak muda menjadi gagap, polarisasi masyarakat, beredarnya hoaks dan ujaran kebencian secara masif serta ditinggalnya budaya sopan santun ketimuran akibat media sosial menjadi pekerjaan rumah kita semua.”tutur Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos, KWI, RD Kamilus Pantus.

Karena itu, lanjut Kamilus, Komisi Komsos KWI dan Keuskupan berikhtiar mengembangkan karya pastoral di bidang Komunikasi Sosial yang peka dan cepat tanggap akan berbagai perubahan ini.

Rapat Pleno tahun ini menjadi sangat istimewa karena dihadiri oleh semua utusan Ketua Komisi Komsos dari 37 keuskupan di Indonesia.

“Saya merasa senang, karena selama 25 tahun pesta perak saya,10 tahun sebagai imam dan 15 tahun sebagai uskup, baru kali ini rapat dihadiri oleh semua utusan dari 37 keuskupan. Ini luar biasa,”ungkap Ketua Komisi Komsos KWI, Mgr Hilarion Datus Lega saat memberikan pengarahan sebelum rapat dimulai di Aula Lex et Oriente, Sorong Papua, Selasa (14/8)

Rapat pleno akan membicarakan beberapa hal antara lain laporan dan evaluasi karya masing-masing ketua komisi komsos keuskupan, menyusun draf rekomendasi rapat pleno, evaluasi sidang, pembacaan naskah final rekomendasi rapat pleno, dan penutupan.

Saat berita ini diturunkan, Ketua Komisi Keuskupan Agung Palembang, RP Frans de Sales, SCJ sedang mempresentasikan laporan dan evaluasi karya komsos di Keuskupan Agung Palembang. Setelah sebelumnya Ketua Komisi Komsos Keuskupan Agung Meda RP Susanto,OSC; Ketua Komisi Komsos Keuskupan Sibolga RP Charles Sihombing, OFMCap; Ketua Komisi Komsos Keuskupan Padang, Bernard Lie, serta RD Stefanus Tomeng, Ketua Komisi Komsos Keuskupan Pangkal Pinang.

Tags

Retno Wulandari

Praktisi di bidang Public Relation, Tim Komsos KWI

Related Articles

Close