KOMISI-KOMISIKOMSOS KWIKWI

Karya Pastoral Komsos Tunjukkan Hasil Positif

KARYA-KARYA pastoral komisi komunikasi sosial telah menunjukkan hasil yang positif. Ada dampak atau manfaat positif yang ditemukan dan dialami oleh kelompok sasaran pelayanan komsos.

“Umat/masyarakat menjadi semakin melek medsos akibat dari karya literasi media yang dikerjakan komisi komsos,”ujar Dosen Teologi Moral Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara RP Petrus Aman, OFM yang bertindak sebagai pengamat dalam Rapat Pleno Ketua Komisi Komsos se-Indonesia, Kamis (16/8) di Sorong, Papua.

Ketua Komisi Komsos KWI, Mgr Hilarion Datus Lega berfoto bersama peserta Rapat Pleno Ketua Komisi Komunikasi Sosial se-Indonesia di Sorong Papua, Rabu (15/8). (dok.Komsos KWI/Kevin)

 

Kemajuan lainnya adalah berkembangnya kesadaran akan baik-buruknya media sosial sehingga mengembangkan sikap kritis dan selektif pada masyarakat/umat. Pelayanan di bidang komsos juga mampu merekatkan masyarakat, menambah pengetahuan baik profan maupun pengetahuan iman, serta minat menulis berkembang.

Indikator lain juga bisa dilihat dari semakin berkembangnya keinginan masyarakat untuk memasukkan konten-konten positif (iman) dan berguna ke media sosial serta kepekaan dan kepedulian yang bertumbuh terhadap soal sosial dan ekologis.

“Sekurang-kurangnya kiprah dan sepak-terjang komsos semakin dikenal (umat tidak lagi menyebut kosmos, tetapi komsos),” tutur Pastor Aman.

 

Tags

Retno Wulandari

Praktisi di bidang Public Relation, Tim Komsos KWI

Related Articles

Close