KWI

Seputar Tahbisan Mgr. Christophorus Tri Harsono: Salve Agung di Katedral Purwokerto, Misa Tahbisan di Aula Universitas Jenderal Soedirman

DUA peristiwa iman menyongsong tahbisan uskup baru keuskupan Purwokerto, Mgr. Tri Harsono, akan dirayakan oleh umat Katolik setempat. Pada Senin (15/10/2018), tepatnya pukul 18.00-19.00 WIB, para uskup, para tamu undangan, dan umat katolik sekeuskupan Purwokerto akan mengikuti ibadat agung (salve agung). Keesokan harinya, Selasa (16/10/2018), perayaan misa tahbisan Mgr. Tri Harsono dilaksanakan.

Sesuai acara dari Panitia Tahbisan, salve agung akan dilaksanakan di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto. Salve Agung ini akan dipimpin oleh Uskup Bandung, Mgr. Antonius Bunyamin Subianto, OSC. Mgr. Anton didampingi oleh Mgr. Tri Harsono, pendamping I, dan Romo FX. Bagyo Purwosantosa, pendamping II.

Dihadiri Duta Besar Vatikan

Mgr. Piero Pioppo, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia hadir pada perayaan salve agung tahbisan uskup Maumere beberapa waktu lalu/Foto: John Laba

Dari daftar tamu VIP yang diterima media ini, diketahui bahwa salve agung sore nanti akan dihadiri pula oleh Mgr. Piero Pioppo, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. Keikutsertaan Nuncio baru dalam setiap perayaan salve agung menyambut tahbisan uskup baru, seakan hendak meneruskan tradisi pendahulunya. Kehadiran Nuncio dalam setiap perayaan salve agung ini, selain untuk memberikan dukungan dan peneguhan iman bagi uskup baru, tetapi juga nantinya bertindak sebagai saksi saat pengucapan janji setia dan penandatanganan surat pernyataan kesetiaan uskup baru kepada Paus sebagai pemimpin tertinggi dalam gereja Katolik.

Demi kelancaran ibadat agung sore nanti, Panitia menghimbau kepada umat yang datang untuk tidak membawa kursi dan bangku sendiri, membawa tas punggung, senjata tajam, makanan dan minuman dari luar, tongsis atau monopod. Selain itu, umat juga dihimbau untuk tidak memotret kecuali oleh petugas. Tak ada selfie dengan uskup, kecuali waktu khusus.

 

Tags

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Related Articles

Close