HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Sabtu: 27 Oktober 2018, Luk. 13:1-9

IDAK jarang kita begitu peduli untuk mengurusi hidup orang lain. Dalam setiap peristiwa yang dialami seseorang, selalu ada saja komentar yang muncul. Yang biasanya tidak pernah absen adalah komentar miring atau negatif. Entah orang mengalami keberhasilan atau kegagalan, kegembiraan atau kesedihan, ada saja komentar negatif yang dilontarkan. Yesus mengkritik kebiasaan buruk tersebut dan mengingatkan “jikalau kamu tidak bertobat, kamu akan binasa dengan cara demikian”.

Setiap orang bertanggung jawab atas perkembangan dirinya, bagaikan pohon ara dalam perumpamaan Yesus. Ada saatnya setiap pohon dinanti buahnya dan dinilai berdasarkan perkembangan apa yang sudah dihasilkan. Ketika orang hanya sibuk mengurusi hidup orang lain, bagaimana ia bisa punya waktu untuk perkembangan dirinya? St. Paulus juga mengingatkan bahwa setiap pribadi hendaknya bertumbuh ke arah Kristus dan berpusat pada-Nya. Di dalam Kristus kita bisa mencapai kesatuan iman, pengetahuan yang benar, dan kedewasaan sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh zaman dan segala kesulitan. Kiranya itulah situasi pohon yang baik dan berbuah.

Ya Allah, tumbuhkanlah imanku dan arahkanlah hidupku semakin dekat dengan-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2018.

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close