HarianJendela Alkitab

Renungan Harian, Jumat: 21 Desember 2018, Luk. 1:39-45

INJIL hari ini menampilkan kisah kunjungan Maria ke daerah pegunungan, ke tempat Elisabeth saudarinya. Kunjungan ini memiliki arti penting, sebab kedua perempuan ini sedang mengandung secara ajaib. Elisabet mengandung pada masa tuanya, sedangkan Maria mengandung sebelum bersuami. Namun, keduanya dipilih Tuhan untuk sebuah karya keselamatan. Ada dua hal yang dapat kita pelajari dari kisah Injil hari ini.

Pertama, soal mengunjungi. Peristiwa kunjungan Maria kepada Elisabet menegaskan pentingnya perjumpaan untuk meneguhkan rahmat yang diterima setiap pribadi dari Allah. Kegembiraan dan kesedihan perlu dibagikan. Sebab, sukacita yang dibagikan akan digandakan, sedang ksedihan yang disharingkan akan diringankan. Kedua, memuliakan Tuhan. Apa yang dilakukan oleh Maria dan Elisabet ketika bertemua memberikan standar tertentu untuk menentukan kualitas sebuah perjumpaan. Jika perjumpaan kita lebih sering diisi dengan gossip dan menjelekkan sesama, perjumpaan Marian dan Elisabet digunakan hanya untuk memuliakan karya Allah dan meneguhkan persaudaraan.

Ya Tuhan, buatlah aku menjadi seperti Maria yang dalam keterbatasannya mau berbagi sukacita dan kegembiraan kepada yang lain. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2018

Tags

Related Articles

Close