KATEKESETeladan Kita

Santo – Santa 17 Januari

Santa Roselina de Villeneuve (1267-1329)


ROSELINA de Villeneuve lahir pada tahun 1267 di Prancis, berasal dari keluarga bangsawan yang taat dan merupakan seorang Puteri dari Pangeran Arnaud, ayah yang mengajarkannya pendidikan kristen.

Hidup kudusnya sudah terlihat sejak kecil ada dalam dirinya, sang pecinta biografi indah ini berusaha kerap kali memberi makanan kepada orang-orang miskin di luar istana secara diam-diam. Suatu ketika saat hendak memberikan makanan ia dikejutkan oleh ayahnya yang mengetahui dan kemudian sang ayah bertanya kepadanya apa yang ia bawa secara sembunyi-sembunyi di dalam wadah. Ia menjawab bahwa yang dibawanya adalah seikat bunga kemudian ketika wadah tersebut dibuka keajaiban terjadi, ia benar-benar menunjukan seikat bunga.

Setelah dewasa ia menguduskan dirinya untuk Allah menjadi seorang biarawati di Charterhouse Bertaud, Keuskupan Gap di Prancis dan beberapa tahun kemudian ia dipilih sebagai kepala biarawati di Celle-Roubad, biara di Frejus. Saudaranya Hélion de Villeneuve merupakan seorang dermawan dari Charterhouse, membangun sebuah gereja yang diberkati oleh Uskup Digne, Elzeario.

Roselina meninggal pada 17 Januari 1329 dan dimakamkan di pemakaman Charterhouse, karena hidupnya yang kudus Roselina termasyur dengan kesuciannya. Saudaranya Hélion mengatakan bahwa kuburnya akan dipindahkan ke pemakaman umum, banyak mukjizat yang terjadi di kuburnya.

Pada tahun 1607 dalam sebuah kapel yang didedikasikan untuknya, terbuat dari marmer berwarna putih, tempat disahkan penghormatan kepadanya sebagai Santa Pelindung kota Perancis Draguignan, peringatannya dirayakan setiap tanggal 17 Januari di daerah-daerah keuskupan Gap dan Fréjus.

Sumber: www.santiebeati.it

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close