KATEKESETeladan Kita

Santo – Santa 22 Januari

San Valerio (Valero) Seorang Martir dan Uskup dari Saragossa

VALERIO (VALERO) , lahir pada abad ke III, menurut beberapa pendapat ia kelahirannya di daerah Zaragoza. Anggota keluarga Valerio meninggalkan Roma beberapa tahun sebelum kelahirannya, dan pindah ke Spanyol. Selama kekaisaran Diocletianus, ia mendukung Gereja dan pada tahun 300 ia berpartisipasi dengan delapan belas uskup lainnya di dewan yang diadakan di Elvira (Spanyol), kota yang dekat dengan Granada saat ini.

San Valerio (Valero) /Ilustrasi (Ist-http://vidas-santas.blogspot.com)

Pada tahun 303 kaisar Diokletianus dan Maximianus memulai penganiayaan terhadap orang-orang Kristen dan pada waktu itu Spanyol diperintah oleh seorang penganiaya yang kejam yakni Daciano. Dia memenjarakan Valerio dan subdiakon Vincenzo serta memerintahkan mereka untuk dibawa ke Valenza bersama. Di sana mereka dikurung di penjara dan ditinggalkan untuk waktu yang cukup lama dengan hanya sedikit makanan dan tetap berharap dapat mematahkan perlawanan. Setelah di interogasi di Valenza, Valerio dihukum untuk diasingkan dan hal ini merupakan berita terakhir yang dikisahkan oleh Kisah Para Rasul. Dikatakan bahwa selama pengasingan di Anet (Aragon), setelah Valerio mengetahui berita tentang kemartiran Vincenzo,dan kabar tentang akan didirikan sebuah gereja untuk menghormatinya.

San Valerio (Valero) /Ilustrasi (Ist-WikiVisually)

Setelah sekitar dua belas tahun berada di pengasingan, Valerius meninggal di Anet (Aragon) pada tahun 315 dan reliknya dimakamkan oleh orang-orang Kristen setempat di sebuah gereja yang berada di dalam benteng Strada. Namun, gereja tersebut dihancurkan oleh api dan dilupakan selama bertahun-tahun. Pada tahun 1065, Arnolfo, Uskup Rota, dibimbing oleh roh kudus, menemukan relik tersebut dan membawanya ke Rota di Gereja Santo Vincenzo. Peringatan akan kisahnya dirayakan setiap tahun di gereja pada tanggal 20 Oktober. Martyrologi Geronimian mengingat Santo Valerio bersama dengan Santo Vincent pada 22 Januari dan 31 Oktober. Sementara versi martyrologi Romawi menyebutkan Valerio pada 28 Januari. Kota Zaragoza, di mana ia adalah pelindungnya, mengingatnya pada tanggal 29 Januari.

Sumber : Francesco Antonio Angarano, dalam www.santiebeati.it, Diakses pada 21 Januari 2019.

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close