KATEKESETeladan Kita

Santo – Santa 23 Januari

Santa Messalina - Martir dari Foligno

MESSALINA – Menurut legenda St Felician (BHL 2846-51), Messalina muda mengunjunginya di penjara sebelum ia dibawa dari Foligno ke Roma untuk dieksekusi. Ia mengakui sebagai seorang Kristen dan akibatnya dipukuli sampai mati.

Menurut Ludovico Jacobilli (dirujuk di bawah, pada hal. 41-2), relikui terlupakan selama berabad-abad, hingga Uskup Marcantonio Bizzani memutuskan untuk menyelidiki masalah ini. Dia menugaskan seorang imam untuk mencarinya, dan mereka sepatutnya ditemukan, pada 13 Desember 1599 di sebuah sarkofagus yang terbuat dari marmer kuno terletak sebuah kapel kecil, bertuliskan “Hic subtus iacet corpus sanctæ Messalinæ“. Uskup Porfirio Feliciani memberikan pengakuan resmi terhadap peninggalan, pada tanggal 19 Januari 1613. Kapel ini berada di halaman Campanile, dicapai dengan sebuah pintu di dinding kiri nave Duomo, tepat sebelum persimpangan.

Santa Messalina /Ilustrasi (Ist-http://www.donna10.it)

Gabriele Metelli (dirujuk di bawah, di halaman 184, item 7) menghasilkan kembali bahan arsip yang relevan untuk pembangunan kapel baru yang menggantikan kapel tempat sarkofagus ditemukan:

“Pada tahun 1615, ketika berkhotbah di Duomo, Pater Bonifazio d ‘Ascoli, Cap memperkenalkan devosi kepada kerahiman di Loreto, yang setelahnya sebuah kapel didirikan untuk menghormati Madonna di Loreto. Kapel di San Biagio, pada 13 Desember 1599, relikui martir yang mulia Foligno, St Messalina, tempat ditemukan di sebuah sarkofagus marmer kuno ”

Uskup Mario Antonio Maffei memindahkan relikui yang diduga milik Santa Messalina ke sebuah relikui perak pada 23 Januari 1753 dan menggambarkan di kapel sebelah kanan, Duomo. Bagian dari Altar kapel itu, menggambarkan kemartiran Santa Messalina pada tahun(1850), yang merupakan karya Enrico Bartolomei.

Read more:

  1. Jacobili, “Vite de’ Santi e Beati di Foligno”, (1628)
  2. G.Metelli, “Spigolature d’ Archivio: la Quadreria Roscioli; le Cappelle e gli Artisti nella Cattedrale di Foligno”, Bollettino Storico della Città di Foligno, 5(1981) 123-87

Sumber : http://www.keytoumbria.com, Diakses pada 22 Januari 2019.

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close