BERITAWorld Youth Day

SERBA-SERBI W.Y.D 2019: Ternyata Popemobile di W.Y.D Panama Dikirim dari Negara Ini

KUNJUNGAN Paus Fransiskus ke berbagai negara di dunia diketahui selalu menarik perhatian khalyak. Bukan hanya sosoknya yang dikagumi, tetapi juga salah satunya adalah Popemobile atau mobil yang digunakan Paus selama kunjungannya. Lantas, bagaimana dengan popemobile selama World Youth Day (W.Y.D) 2019 di Panama?

Nah, ternyata popemobile untuk W.Y.D. 2019 tidak disiapkan oleh negara Panama. Popemobile W.Y.D ke-34 di Panama justru didatangkan dari Kolombia. Seperti terlihat dalam sebuah video yang ditayang the washington post, Popemobile  seberat 17 ton untuk Paus Fransiskus diterbangkan ke Panama City dari Bogota, Kolombia, pada 28 Desember 2018 lalu.

Mobil berwarna putih mengkilat dengan nomor plat SCVI, itu baknya masih terbuka. Tampak dari bak mobil tampak tiga kursi dengan ukuran sandaran berbeda. Satu kursi di tengah dengan sandaran lebih tinggi,nantinya menjadi tempat duduk Paus. Sementara 2 kursi lainnya digunakan oleh para pendamping Paus.

Mobil FIAT500L, dipakai Paus Fransiskus ketika berkunjung ke Amerika Serikat tahun 2015/Foto: Okezone.com.

Sebagai perbandingan. Ketika berkunjung ke Polandia pada Juli 2016, Paus menggunakan Volkswagen (VW) Golf. Ada juga Fiat 500L (Lounge) yang digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan ke New York, Amerika Serikat, pada 2015. Dua jenis mobil ini disebut-sebut tidak termasuk dalam ukuran mobil mewah. Selepas kunjunganya, Fiat500L bahkan dilelang untuk kepentingan amal di Keuskupan New York.

Kita tunggu, apakah popemobile W.Y.D Panama juga bernasib sama seperti FIAT500L, dilelang?

 

 

Tags

John L. Wujon

Staf Komisi KOMSOS KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − nine =

error: Content is protected !!
Close