KWI
Trending

Sudah Tahu 5 Fakta Tentang Mgr. Sipayung Ini?

MIRIFICA.NEWS, JAKARTA – Keuskupan Agung Medan sudah memiliki uskup agung baru. Dialah Mgr. Kornelius Sipayung, O.F.M.Cap. yang akan ditahbiskan secara resmi dalam rangkaian tanggal 1-2 Februari 2019 di Medan, Sumatera Utara. Sambil menanti dan mendoakan upacara tahbisan, mari kita simak lima fakta mengenai Mgr. Sipayung.

  1. Menggantikan Mgr. Sinaga yang Pensiun

Kitab Hukum Kanonik (KHK) kanon 401 mencatat:

“Uskup diosesan yang sudah berusia genap tujuh puluh lima tahun, diminta untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Paus, yang akan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan segala keadaan.”

Mgr. Sinaga sudah melewati usia 75 tahun (sekarang 77 tahun), dan sudah mengajukan pengunduran diri sebelumnya.

Mgr. Sipayung
Mgr. Sipayung

2. Hari dan Tempat Pengumuman yang “Pas”

Pengumuman diselenggarakan di Katedral Medan Sta. Perawan Maria Tak Bernoda pada tanggal 8 Desember 2018, yang mana bertepatan dengan Hari Raya Sta. Perawan Maria Tak Bernoda, pelindung katedral Medan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Pernah Berkarya di KWI

Mgr. Sipayung mendapatkan gelar licensiat-nya di Universitas Gregoriana, Roma dengan jurusan teologi dogmatik. Sang Uskup Agung terpilih juga sempat berkarya di Komisi Teologi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Mgr. Sipayung
Mgr. Sipayung

4. Berdoa Sebelum Menjawab Panggilan

Setelah mengetahui adanya panggilan dari Tahta Suci untuk Mgr. Sipayung sebagai Uskup Agung, Mgr. Piero Pioppo (Duta Vatikan untuk Republik Indonesia) mengajak Mgr. Sipayung untuk berdoa sejenak di kapel Kedutaan Besar Vatikan Republik Indonesia. Mgr. Sipayung menghabiskan sekitar 50 menit untuk berdiam diri, berdoa kepada Tuhan, sampai menanggapi panggilan tersebut dengan sepenuh hati.

Mgr. Sipayung
Mgr. Sipayung

5. “Enggak usah sopir!”

Mgr. Sipayung mengaku lebih suka mengemudikan mobilnya sendiri. Pasalnya, tugas penggembalaan seorang uskup agung akan menyita banyak waktu dan tenaga. “Bapa Uskup, berhati-hatilah dan jaga kesehatan selalu ya! Jangan memaksakan diri bila terlalu kelelahan berkeliling mengunjungi umat. Pak sopir akan dengan senang hati membantu karya pelayanan Bapa Uskup.”

Mgr. Sipayung
Mgr. Sipayung

Apakah kamu mengetahui fakta menarik lain mengenai Mgr. Sipayung?

Apakah kamu akan datang pada upacara tahbisan Mgr. Sipayung?

Horas!

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close