World Youth Day

Pesan Paus Fransiskus pada Uskup Amerika Tengah

KEGIATAN Hari Pemuda Sedunia masih terus berlangsung hingga 27 Januari mendatang. Berbagai kegiatan dan penampilan dari berbagai negara dipertontonkan pada kegiatan terbesar Orang Muda Katolik sedunia ini. Setiap mata di belahan dunia pun  turut menantikan hal menarik lainnya dari penyelenggaraan WYD 2019.

Pada momen WYD ini, Paus Fransiskus mendapat kesempatan untuk bertemu dengan para Uskup Amerika Tengah Pada kesempatan tersebut Paus Fransiskus menyinggung tentang gambaran Gereja seperti yang diyakini Mgr. Oscar Romero. Gambaran Gereja menurut Santo Oscar Romero adalah gereja yang rendah hati dan miskin. Karena di dalam Gereja, Kristus hadir dan hidup di antara kita.

Dari rangkaian acara WYD yang hampir selesai ini, Paus Fransiskus mengutarakan kesannya kepada para uskup. Menurutnya, banyak pengalaman yang berharga yang ditemui ketika WYD ini. Bertemu langsung, mendengar pengalaman dari para kaum muda, yang penuh harapan dan mengandung luka. “Masa depan menuntut kita untuk menghormati masa kini. Ini masalah martabat, pertanyaan tentang harga diri budaya” begitu bunyi petikan pidato Paus Fransiskus.

Di akhir pidatonya, Paus Fransiskus menyampaikan pada para Uskup Amerika Tengah untuk berpikir mengenai Gereja, yang berarti berpikir tentang umat Allah yang menderita tetapi dipenuhi dengan harapan. Dari pertemuan Orang Muda Sedunia ini Paus Fransiskus ingin tidak hanya kegembiraan serta sukacita yang didapat, melainkan kedekatan diri pada Allah dan menebalkan iman Katolik bagi semua yang terlibat di dalamnya.

Sumber: vaticannews.va

Penulis: Anastasia Ria

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

error: Content is protected !!
Close