BERITAKWI

Misa Perdana Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap di Gereja Katedral Medan

SEBELUM memulai misa perdana sebagai uskup, Mgr Kornelius Sipayung menerima tongkat dari pendahulunya Mgr Anicetus Sinaga.

“Monsinyur Kornelius Sipayung, kini tongkat kegembalaan secara penuh berada pada Anda. Selamat melayani Gereja Keuskupan Agung Medan ini, yang diawali dengan memimpin Ekaristi hari ini,”kata Mgr Anicetus B Sinaga, OFMCap saat menyerahkan tongkat kegembalaan kepada uskup penggantinya yang baru saja ditahbiskan.

Misa stasional kemudian belangsung di Gereja Katedral Medan, Minggu (3/2/2019) yang diawali dengan acara pengambil-alihan secara kanonik jabatan Uskup Diosesan pada Ritus Pembukaan Misa.

Sebelumnya, tepat pukul 09.30 WIB, di depan pintu utama gereja diadakan upacara penyambutan uskup baru oleh Uskup Emeritus Mgr Anicetus Sinaga serta pastor paroki dan sejumlah imam, biarawan-biarawati, dan seluruh umat.

Seorang petugas tampak memegang salib yang nanti akan dicium oleh Uskup Baru. Petugas lain memegang wadah berisi air suci, dan alat untuk memercik air suci.

Mgr Kornelius Sipayung,OFMCap memerciki umat yang memenuhi halaman Gereja Katedral, Minggu (3/2/2014). (Mirifica/Retno Wulandari)

Setelah Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap tiba di depan pintu utama gereja, beberapa utusan memberi salam dan hormat kepadanya sebagai uskup baru. Setelah itu uskup berdiri menghadap pintu gereja.

Pastor Paroki menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapa Uskup. Kemudian, pastor paroki mengambil salib dari petugas dan membawanya ke hadapan uskup. Uskup mencium salib tersebut. Salib dikembalikan kepada petugas.

Pastor paroki mengambil alat recikan, lalu memberikannya kepada Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap. Setelah itu Pastor Paroki menerima wadah berisi air suci dan uskup siap melaksanakan perecikan.

Uskup mereciki dirinya, para penyambut, kemudian didampingi oleh pastor paroki, uskup berjalan perlahan mereciki umat yang berada di dalam gereja. Selanjutnya pastor paroki mendampingi uskup baru menuju tabernakel.

Selanjutnya, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap untuk pertama kalinya memimpin perayaan ekaristi di Gereja Katedral.

Tags

Retno Wulandari

Praktisi di bidang Public Relation, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close