KATEKESETeladan Kita

Santo Sigfridus – Uskup Vaxjo (Swedia)

SIGFRIDUS, anggota dari kelompok misionaris Katolik dari Inggris pergi untuk mewartakan firman Tuhan kepada orang-orang di wilayah Eropa Utara. seorang biarawan Benediktin dari York, memberikan dirinya untuk diutus dalam misi ke tanah Scandinavia tersebut.

Santo Sigfridus /Ilustrasi (Ist-santibeati.it)

Hidupnya dihabiskan dengan sibuk berkhotbah disekitar wilayah Swedia selatan pada zaman Raja Olav († 1024), menurut legenda yang ditulis pada 1205, ia datang ke Värend melalui Denmark. Karya missionarisnya dimulai dengan mendirikan salib, membangun sebuah gereja kayu dan mulai berkotbah dihadapan masyarakat  Swedia.  

Ia membaptis Raja Olav, para bangsawannya dan seluruh bala tentaranya, yang sangat senang atas karya Santo Sigfridus. Saat ia pergi meninggalkan ke tiga rekan misionaris di Värend, sebuah upacara diadakan di pusat Husaby (menurut legenda kuno dari raja-raja Swedia). Ketika kembali ke Värend, ia menemukan bahwa ketiga rekannya sudah meninggal sebagai martir karena dipenggal.

Menurut sejarah para uskup setempat, ia adalah uskup pertama Skara, Swedia. Menjadi pewarta injil di daerah Växjö. Gereja-gereja lokal membuat patung yang menggambarkan Sigfridus dalam pakaian uskup yang umumnya berasal dari Abad Pertengahan. Sigfridus wafat sekitar tahun 1030. Pesta namanya berlangsung pada 15 Februari.

(Santibeati.it)

Inspirasimu : Santo santa 14 Februari – Santo Aussentius

 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close