KATEKESETeladan Kita

Santo Yohanes dari Fiesole : 18 Februari

YOHANES, lahir sekitar tahun 1400 di sebuah desa yang dekat Florence, Italy. Dikenal sebagai pelindung seniman Kristen, dirinya memulai melukis sejak kecil, mulai belajar di bawah pengawasan seorang ahli lukis lokal. Saat memasuki usia 20, memutuskan untuk bergabung dengan ordo Dominikan.Dikenal dengan nama Fra Angelico, sebagai bentuk penghargaan akan hidup bakti dan karyanya.

Ilustrasi (Ist-franciscanmedia.org)

Hidupnya dipenuhi dengan tekun belajar melukis dari hari ke hari, menyempurnakan ciri khas teknik lukisnya dengan sapuan kuas, pemilihan warna-warna cerah dan figur-figur yang hidup seperti manusia. Melalui karya lukisnya, Fra Angelico berusaha membangkitkan perasaan hidup bakti yang dipenuhi kekudusan. Di antara karya-karyanya yang paling terkenal adalah Anunsiasi serta lukisan dinding di biara San Marco di Florence.

Selain disibukan dengan kegiatan melukis menghasilkan karya setiap harinya namun ia juga tetap menjalankan tugasnya dengan baik dan setia sebagai salah satu pimpinan di dalam ordonya. Pada suatu ketika Paus Eugenius mendekatinya dan memintanya untuk melayani hidup bakti sebagai seorang Uskup Agung Florence, namun dirinya lebih memilih kehidupan sederhananya sebagai seorang pelukis yang berkarya hari demi harinya.

Fra Angelico menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1455.

(franciscanmedia.org)

Inspirasimu: Santo santa 17 Februari – Santo Fintan

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close