HarianJendela Alkitab
Trending

Renungan Harian Katolik: Jumat, 22 Februari 2019, Mat. 16:13-19

Renungan Harian Katolik - Jumat, 22 Februari 2019

 

Renungan Harian Katolik: Jumat, 22 Februari 2019, Mat. 16:13-19

PETRUS mengenal Yesus lebih dari sekedar apa yang diceritakan atau yang dikatakan oleh orang lain. Ia memiliki pengenalan pribadi. “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” kata Petrus penuh yakin. Atas pengenalan itu, Yesus menanugerahi kekuasaan untuk Petrus. “Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepas di dunia ini akan terlepas di sorga,” jawab Yesus. Tetapi, apa artinya kekuasaan itu bagi Petrus? Kekuasaan itu adalah sebuah perutusan yang diterima oleh Petrus, bukan pertama-tama karena ia berhasil menjawab pertanyaan Yesus. Kekuasaan itu didasarkan atas pengenalan pribadinya akan Yesus. Kuasa itu tentu mengandung tanggung jawab. Gereja yang didirikan atas iman Petrus bertanggung jawab atas keselamatan umat manusia.

Kekuasaan dan tanggung jawab untuk mewartakan tidak hanya menjadi tugas Petrus. Setiap orang beriman dipanggil dan diutus untuk bersaksi tentang Kristus. Hal ini mengandaikan pengenalan pribadi seseorang dengan Kristus, seperti yang dialami oleh Petrus. Hari ini Gereja universal merayakan pesta tahta Santo Petrus. Semoga setiap pemimpin yang memegang tampuk kekuasaan, dapat melayani sesamanya dengan rendah hati.

Kuatkanlah aku, ya Tuhan, untuk mengambil bagian dalam tugas perutusan-Mu di dunia. Amin.

Sumber: ZIarah Batin 2019, OBOR Indonesia

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close