KATEKESETeladan Kita

Santo Maximianus : 22 Februari

MAXIMIANUS, lahir pada 498 di Pula, saat ini dikenal dengan wilayah Kroasia merupakan uskup ke dua puluh delapan Ravenna, Italy.  Ditahbiskan sebagai uskup Ravenna pada tahun 546 oleh Paus Vigilius di Patras, Yunani.

Santo Maximianus /Ilustrasi (Ist-wikipedia.org)

Awalnya rakyat Ravenna tidak menginginkannya sebagai Uskup Agung, mereka menolak kepemimpinannya, namun dengan intuisinya cerdik dan kemampuan diplomasi, ia berhasil mengatasi penolakan yang diberikan kepadanya, dan membalikan keadaan dengan memenangkan simpati serta penghormatan atas kebijaksanaan, kemurahan hati, dan usaha kerasnya bagi pembangunan dan  Gereja. Keuskupan Ravenna memasuki masa keemasan pada kepemimpinannya, berbagai perubahan dan pembangunan terjadi. Ia menyelesaikan pembangunan Basilica San Vitale di Ravenna, dan juga membangun Sant’Apollinare serta beberapa gereja lainnya.

Massimiano menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 556 dan jasadnya dimakamkan di basilika Sant’Andrea, kemudian pada tahun 1809 dipindahkan ke Katedral. Dalam mosaik abad ke-6 yang terkenal di Basilica San Vitale, Santo Maximianus digambarkan sedang memegang salib bersama Kaisar Justinian dan pengiringnya

(santiebeatie.it)

Inspirasimu : Beato Natale Pinot : 21 Februari

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

Check Also

Close
error: Silakan share link berita ini
Close