KATEKESETeladan Kita

Santo Louis Versiglia : 25 Februari

LOUIS Versiglia lahir pada 5 Juni 1873 di Oliva Gessi, di provinsi Pavia, Italy. Ia sangat dekat dengan sosok Don Bosco, pada usia 16 tahun memutuskan untuk  menjalani hidup bakti dan kudus.

Santo Louis Versiglia//Ilustrasi (Ist-vidas-santas.blogspot.com)

Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, ia kuliah di Fakultas Filsafat di Universitas Gregorian di Roma. Pada tahun 1895 ditahbiskan menjadi imam di usia 22 tahun. Sejak awal cita-citanya adalah menjadi seorang misionaris, memberitakan keselamatan Kristus kepada orang-orang yang ditemuinya, dan mimpinya berhasil menjadi nyata, pada tahun 1906 ia dipercaya menjalani misi ke Cina.

Louis menetap di Macao di sana ia mendirikan Rumah Induk Para Salesian, yang menjadi pusat kerasulan dan iman aktif bagi semua umat Katolik di kota itu dan merawat anak-anak muda dengan penuh perhatian.
Dia membuka misi di wilayah Cina selatan, di mana pada tahun 1920 dia ditunjuk dan ditahbiskan sebagai uskup pertama.

Seorang gembala sejati, hidupnya penuh dedikasi untuk melayani umat beriman, meskipun banyak kesulitan yang harus dihadapi dan kondisi saat itu yang sedang dalam masa ketegangan sosial dan politik, namun ia berhasil memberikan struktur yang kuat pada keuskupan. Ia  mendirikan beberapa rumah induk, tempat tinggal, panti asuhan, sekolah, panti jompo untuk orang tua dan tak pernah lelah bekerja keras untuk tetap memberitakan firman Tuhan.

Uskup Louis Versiglia merupakan seorang guru, ayah yang murah hati dengan jiwa sosial yang luar biasa. Hidupnya merupakan contoh nyata para imam Salesian dan bagi orang-orang di Cina.

(Santiebeati.it)

Inspirasimu : Beato Marco De’ Marcorini : 24 Februari 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close