BERITA

Altar Persaudaraan Romo Carolus dan Pa Kyai

DARI altar kudus. dua tokoh agama merajut tali persaudaraan. Romo Charles Patrick Burrows dan Seorang Kyai saling berjabat tangan. Berbusana  dominan warna putih, keduanya memberi pesan tegas bahwa damai di negeri ini senantiasa ada dan selalu tumbuh di setiap peristiwa hidup.

Pemandangan istimewa dari Cilacap, Minggu (24/2/2019) itu pun segera diabadikan. Agar keteladan dua tokoh agama tersebut dapat dipelajari dan diwariskan kepada generasi muda bangsa Indonesia. Altar persaudaraan Romo Carolus dan Pa Kyai memberi contoh bahwa persaudaraan sejati terbentuk ketika  sekat-sekat kehidupan dapat dibuka. Perbedaan bukan jadi masalah untuk membangun persaudaraan.

Sebagaimana diungkapkan Tanti Pujaan Hati,  sang pemotret, lewat akun facebooknya:

Romo Carolus dan Pa Kyai saling berjabat tangan di Altar sesaat setelah Misa Arwah/Foto:Tanti Pujaan Hati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejak lama sosok Romo Carolus telah dikenal karena keteladanannya. Ia mengabdikan dirinya bagi warga Cilacap semenjak tahun 1973. Ia memberantas kemiskinan warga Kampung Laut, menyembuhkan yang terluka dan sakit. Ia juga membangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu.

Tidak hanya itu. Misionaris asal Dublin Irlandia itu juga gigih berjuang bersama warga, bahu membahu membangun jalan dan jembatan. Menghijaukan lahan gundul dengan tanaman pohon. Ia terus mendorong siapa saja untuk tidak pernah berhenti berbuat kebaikan dalam setiap kesempatan.

“Ketika kita akan mati, tetapi masih ada kesempatan untuk menanam pohon, maka tanamlah. Lakukan kebaikan meski sedikit setiap ada kesempatan,” kata Romo Carolus, dikutip dari Benarnews.org.

Hingga kini, buah-buah keteladananya terus dirasakan. Ia dicintai oleh siapa saja, termasuk tokoh agama lain. Sayang,kami belum mendapatkan identitas mengenai pa Kyai yang bersalaman dengan Romo Carolus. Hanya disebutkan bahwa Pa Kyai  masih memiliki pertalian keluarga dengan keluarga merayakan misa arwah.

 

Tags

John L. Wujon

Staf Sekjen KWI. Mantan staf Komisi KOMSOS KWI (2015-1 Mei 2019?

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close