HarianJendela Alkitab
Trending

Renungan Harian Katolik: Selasa, 26 Februari 2019, Mrk. 9:30-37

DUNIA ini menggoda kita untuk mengejar segala kenuamanan, kenikmatan, dan kekuasaan dengan segala cara. Tidak mengherankan jika perang caci maki dan muslihat tampak dalam setiap upaya mengejar kekuasaan. Manusia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengumpulkan harta. Persaingan adalah hal yang tak terhindarkan. Di dalamnya, akan selalu ada pihak yang diserang dan disingkirkan. Dalam dunia yang demikian, kepalsuan merupakan keniscayaan. Kasih dan kebebasan selalu tampak murni. Pertanyaannya adalah mampukah kita bertahan dan beriman dalam dunia yang demikian?

Pilihan mengikuti Tuhan merupakan sesuatu yang selalu penuh risiko. Setiap orang harus berani menghadapi tantangan, juga bila itu artinya ditentang. Kasih dan kebebasan perlu selalu dimurnikan. Dalam Injil hari ini, Yesus menekankan pentingnya memiliki semangat rendah hati dalam hidup. “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya,” kata Yesus. Semangat rendah hati merupakan barang langka di zaman ini. Semua orang tampaknya ingin populer, dikenal, dan dihormati. Kecenderungan seperti ini memerlihatkan godaan untuk memuliakan diri sendiri. Semoga kita selalu mau memelihara dan mengembangkan sikap rendah hati dalam segala rutinitas yang kita jalani setiap hari.

Jauhkanlah aku, ya Tuhan, dari segala keinginan untuk memegahkan diri. Mampukanlah aku untuk senantiasa mengasihi Engkau dan melayani sesama. Amin.

Sumber: ZIarah Batin 2019, OBOR Indonesia

 

 

 

 

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close