KATEKESETeladan Kita

Santo Ceadda (Chad) dari Lichfield : 02 Maret

CEADDA (Chad) berasal Northumbria, lahir dari keluarga yang religius dan taat, empat saudaranya menjadi imam, dua bahkan terpilih sebagai uskup. Dahulu saat masih kecil, ia pernah merasakan pindah ke Irlandia, Di san, ia dan rekannya Egbert tinggal sebagai seorang biarawan. Hidup dalam  doa, puasa, dan meditasi. Setelah menerima tahbisan dia kembali ke Inggris dan setelah kematian saudaranya ia melanjutkan tongkat estafet untuk mengelola biara Lastingham.

Santo Ceadda (Chad)
Santo Ceadda (Chad) /Ilustrasi (Ist-santiebeati.it)

Berada di tengah kondisi politik yang rumit saat itu, Santo Ceadda menerima penugasan baru, dirinya terpilih menjadi seorang uskup, tidak ada yang meragukan kesuciannya dan karakter terpuji yang ada di dalam dirinya. Namun keabsahan pengangkatannya dan penahbisannya sebagai uskup diragukan, hal ini yang disampaikan oleh Santo Vilfrido kepada uskup agung baru San Theodore di Tarsus. Karena hal ini, Santo Ceadda tidak ragu untuk minggir karena kepatuhan dan kerendahan hatinya. Tergerak oleh reaksinya saat itu kemudian Uskup Agung Theodore kembali memanggil Ceadda untuk mengisi tahta keuskupan Mercia dan  mengambil alih kantor pusat Lichfield.

Di dekat katedral, ia membangun sebuah kapel yang diperuntukan bagi para saudara-saudara beriman yang ingin larut dalam keheningan dan doa. Ia juga mendirikan sebuah biara baru.  Santo Ceadda diberikan penglihatan akan tiba waktu baginya untuk pergi. Ia mengumumkan kepada para biarawan tentang kedekatan waktu kepergiannya, memberikan mereka pesan agar tetap hidup dalam damai dengan segala sesuatu dan semua orang, tetap setia pada aturan biara yang telah dipelajari dari dirinya dan para pendahulunya. Pada tanggal 2 Maret 672 pergi dalam damai kasih Tuhan.

Teman lamanya Egbert menegaskan bahwa ia melihat jiwa Santo Ceadda terlihat turun dari surga bersama dengan sekawanan malaikat yang mengawalnya  menuju kehidupan abadi. Di makamnya terjadi banyak mukjizat, berkat yang kultusnya tersebar luas. Nama Saint Chad muncul dalam kalender dan litani Anglo-Saxon, dan beberapa gereja abad pertengahan didedikasikan untuknya di Inggris tengah.

(santiebeati.it)

Inspirasimu : Beato Cristoforus da Milano : 01 Maret

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 9 =

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close