HarianJendela Alkitab

Renungan Harian Katolik: Rabu, 6 Maret 2019

SEDEKAH, doa dan puasa merupakan tiga jalan orang Kristen untuk memperbaiki relasi dengan Tuhan, sesama, dan diri sendiri. Dengan berdoa, kita membangun relasi dan komunikasi dengan Tuhan. Melalui puasa, kita mengatur tubuh dan kehidupan. Sedangkan melalui sedekah kita berbelas kasih secara nyata dengan sesama. Kita bukan saja harus menjauhi yang jahat, tetapi sekaligus pula mengusahakan yang baik. Namun, Yesus mengingatkan kita untuk tidak menjadikan tiga hal tersebut sebagai alasan untuk memegahkan diri. Karena jika demikian, iman kita hanya dipenuhi dengan kepalsuan dan kemunafikan.

Yesus ingin menekankan pentingnya kerendahan hati dalam penghayatan iman. Iman pada Tuhan tidaklah untuk dipamer-pamerkan, tetapi sebagai bentuk pencarian pribadi dan upaya memuliakan Allah dalam kerendahan hati. Doa, puasa, dan sedekah bukanlah tindakan untuk memenangkan hati manusia demi mendapatkan pujian. Semoga di masa puasa ini, hidup pertobatan kita dimurnikan melalui doa yang sungguh, puasa yang tekun, dan sedekah yang tulus.

Allah yang Maharahim, bantulah aku untuk memperdalam penghayatan imanku melalui doa, sedekah, dan puasa. Semoga aku mampu menghayati semuanya itu demi kemuliaan nama-Mu, dan bukan untuk memegahkan diri. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2019, OBOR Indonesia

Tags

Komsos KWI

Membantu para Waligereja mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, menghayati nilai-nilai universal, serta mampu menggunakan media komunikasi secara bertanggung jawab demi terciptanya persaudaraan sejati dan kemajuan bersama.

Related Articles

Check Also

Close
error: Silakan share link berita ini
Close