KATEKESETeladan Kita

Beato Arnoldus dari Padua : 14 Maret

ARNOLDUS lahir pada tahun 1185, dirinya berasal dari keluarga bangsawan tinggal dekat Padua, Italy. Memasuki kehidupan seorang Benediktin, biara Santa Giustina di Padua pada usia yang masih sangat muda dan terpilih menjadi kepala Biara juga di usia mudanya yakni 24 tahun. Melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan struktur biara, serta berjuang untuk mempertahankan hak-hak yang telah dimiliki sebuah Biara.

Beato Arnoldus dari Padua /Ilustrasi (Ist-santiebeati.it)

Ketika Ezzelino III menaklukkan daerah Padua pada tahun 1237 dan memegang alih pemerintahan, berbagai perintah penangkapan diserukannya, salah satunya penangkapan Beato Giordano Forzaté dan Beato Arnoldus . Kondisi tersebut memaksanya untuk sementara waktu melarikan diri ke Monselice, Italia. Saat berupaya kembali ke kota Padua pada tahun 1238, namun  dirinya justru tertangkap oleh prajurit dari Ezzelino III. Arnoldus dipenjarakan dalam kondisi yang menyedihkan karena delapan tahun masa penahanannya di penjara Limena-Padua, selama itu pula ia hanya makan roti dan air.

Arnoldus wafat pada 10 Februari 1255, dan dimakamkan di gereja Fransiskan di Asolo, Italia. Kemudian makamnya di pindahkan ke biara Santa Giustina, tempat dirinya dulu berkarya. Relikuinya digambarkan pada sebuah kapel di basilika di Padua, pada 14 Maret 1562.

(santiebeati.org)

Inspirasimu: Santo Rodrigo di Cordova : 13 Maret 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close