KATEKESETeladan Kita

Santo Heribertus : 16 Maret

Uskup Agung

HERIBERTUS dari Cologne (Köln) lahir pada tahun  970, di kota Worms, Jerman. Keluarganya merupakan bangsawan di kota itu, sejak kecil ia dididik sesuai dengan cara hidup Kristiani oleh Abbas Gorsse, pemimpin Biara Benediktin di Lorraine. Keinginan untuk membaktikan hidup sepenuhnya bagi Kristus merupakan hasil inspirasi dari pendidikan yang ia dapatkan. Awalnya kedua orang tua dan sanak saudaranya tidak merestui keinginannya ini namun dengan kekudusan hidup mengaggumkan yang ditunjukannya, menjadi bukti keseriusannya dan akhirnya merelakan dan mendukung dirinya menjadi seorang biarawan benediktin hingga akhirnya menerima tahbisan seorang Imam.

Santo Heribert dari Köln /Ilustrasi (Ist-katakombe.org)

Santo Heribertus merupakan penasehat pribadi Raja Otto III baik dalam kehidupan politik maupun rohani. Bersama Raja Otto III, ia mendirikan banyak gereja dan biara diberbagai kota. Pada tahun 998, dirinya ditahbiskan menjadi Uskup Agung Köln. Uskup Heribertus dikenal sebagai seorang uskup yang saleh dan penyayang. Ia sudah dihormati sebagai seorang kudus bahkan pada saat ia masih hidup. Ia mulai lebih banyak berdoa dan melakukan silih.  

Ia juga dikenal sebagai seorang pembuat mujizat.  Salah satu mujzatnya yang paling terkenal adalah pada saat bencana kekeringan terjadi di keuskupannya. Bapa uskup Heribertus mempersembahkan misa khusus dan memohon agar bencana kekeringan ini dapat segera berakhir, tak lama kemudian hujanpun turun dengan sangat lebatnya. Pada tahun 1021, menghembuskan nafas terakhirnya dan dimakamkan di gereja Benediktin, Deutz. Dikanonisasi oleh Paus St. Gregorius VII sekitar tahun 1074.

Pesta namanya dirayakan pada 16 Maret.

(catholic.org & katakombe.org)

Inspirasimu: Santo Zakharia : 15 Maret

 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

error: Content is protected !!
Close