KATEKESETeladan Kita

Santa Benedetta Cambiagio : 21 Maret

BENEDETTA lahir pada 2 Oktober 1791, di pedalaman Genoese, Italia. Anak terakhir dari tujuh bersaudara, ayahnya merupakan seorang petani. Ketika terjadi proses migrasi petani secara besar-besaran ke Pavia pada 1804, keluarganya pun turut serta berpindah pemukiman.

Santa Benedetta Cambiagio
Santa Benedetta Cambiagio /Ilustrasi (Ist-katakombe.org)

Di Pavia, Benedetta berusaha mewujudkan impian masa mudanya, yaitu mendedikasikan dirinya untuk kehidupan yang dikuduskan. Ia disambut oleh kelompok ordo biarawati Ursulin, namun karena kondisi kesehatannya yang tidak terlalu baik ia harus pergi untuk pemulihan. Berlindung dalam doa, berharap kepada Tuhan agar mukjizat kesembuhan terjadi padanya dan sungguh berkat kesembuhan terjadi kepadanya.

Pada 1827, ia mendirikan sekolah pertama di kota di Pavia, mereka bertumbuh dan berkembang bertambah banyak. Mereka membentuk kelompok pertama Kongregasi Suster-Suster Santa Perawan Maria. Mendedikasikan seumur hidupnya dalam karya pelayanan bagi kerahiman Tuhan.

Dia meninggal di Ronco Scrivia pada 21 Maret 1858 dan dimakamkan di pemakaman kota, saat itu kondisi berada pada masa Perang Dunia Kedua pada tahun 1944. Setelah perang berakhir para saudari-saudari perempuannya kembali ke Pavia lebih dari seabad kemudian, di Benedetta Cambiagio Institute pada tahun 1961. Dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada 10 Mei 1987.

(fransiscanmedia.org)

Inspirasimu: Santo Cuthbert : 20 Maret

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close