KATEKESETeladan Kita

Santo Nicholas Owen : 22 Maret

NICHOLAS yang akrab dikenal sebagai “Little John,” merupakan seorang arsitek dengan kerendahan hati yang luar biasa, ia dilahirkan di Oxford, Inggris. Dengan keterampilan yang dimilikinya, selama kurang lebih 20 tahun ia banyak membangun tempat persembunyian rahasia bagi para imam di seluruh negeri. Berkat karyanya ini, ia dapat menyelamatkan nyawa banyak imam dan orang awam di Inggris yang saat itu kondisi sedang dalam masa serangkaian ketetapan hukum atas praktik iman bagi umat Katolik (1559-1829).

Santo Nicholas Owen
Santo Nicholas Owen /Ilustrasi (Ist-fransiscanmedia.org)

Nicholas cerdik dalam menemukan dan menciptakan berbagai lokasi yang aman untuk bersembunyi. Banyak lorong-lorong bawah tanah, ruang-ruang kecil di antara tembok bahkan relung yang kedap suara disulapnya menjadi tempat persembunyian yang aman. Berkali-kali tempat persembunyian para imam terdeteksi dan diketahui oleh para pasukan.  Suatu ketika ia bahkan membantu pelarian dua orang imam Jesuit dari Menara London ke tempat persembunyian yang telah disiapkan. Setiap Nicholas akan mulai untuk merancang tempat-tempat persembunyian seperti itu, ia memulai dengan doa dan penerimaan Ekaristi kudus.

Setelah sejumlah pelarian kecil, ia ditangkap pada tahun 1606. Menerima sasaran siksaan yang mengerikan, walaupun disiksa, ia tetap menutup mulutnya hingga akhirnya meninggal dunia, berita kepahlawanan dan penderitaannya segera diketahui dengan cepat oleh masyarakat luas.

Nicholas Owen dikanonisasi pada tahun 1970 sebagai salah satu dari 40 Martir Inggris.

(santiebeati.it)

Inspirasimu: Santa Benedetta Cambiagio : 20 Maret

 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

error: Content is protected !!
Close