KATEKESETeladan Kita

Beato Methodius Dominic Trcka : 23 Maret

Imam & Martir

METHODIUS lahir pada tahun 1886 di Moravia, sekarang bagian dari Republik Ceko. Ia bergabung dengan Kongregasi Redemptoris di provinsi Praha dan pada 1904 ditahbiskan menjadi seorang imam. Bertugas sebagai imam paroki, banyak dikenal umat karena cara pembawaan Injil yang menarik hati umat beriman. Selama Perang Dunia Pertama ia mendedikasikan dirinya, bertugas melayani para pengungsi Kroasia, Slovenia dan Rutheni.

Beato Methodius Dominic Trcka
Beato Methodius Dominic Trcka /Ilustrasi (Ist-santiebeati.it)

Pada 1919 ia bekerja bagi umat Katolik Yunani di daerah Halic di Galicia, dan kemudian di Slovakia. Dirinya memiliki potensi sebagai motivator dan organisator yang sempurna, berbagai aktivitas pelayanan dilakoninya, semua ia lakukan tanpa mengabaikan tugas utama kerasulannya, menerangi dan menopang semua semangat aktivitas. Karena padatnya berbagai tugas yang diembannya, ia sempat mengalami sakit dan memerlukan istirahat sejenak, setelah pulih lalu melanjutkan semua aktivitasnya kembali.

Selama masa tugasnya di Slovakia, ia mulai dicurigai oleh pemerintah setempat sebagai penyebar paham fanatisme dan aktivitas subversif. Methodius sebagai pemimpin organisasi menyerahkan jabatannya dengan harapan dapat menenangkan iklim dan mengurangi tekanan issue.13 April 1950, ia bersama dengan imam lainnya dikirim ke kamp konsentrasi dan kemudian dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Tak pantang menyerah, dipenjara ia mengabdikan dirinya bagi para tahanan lainnya, membantu mereka untuk membangun semangat spiritualitas dan sukacita kasih.

Kesulitan dan penderitaan dipenjara membuat menyebabkannya menderita pneumonia, tubuhnya kian hari melemah hingga akhirnya meninggal pada tanggal 23 Maret 1959. Gereja mengakui dia sebagai martir dan di beatifikasi oleh Sri Paus Yohanes Paulus II pada 4 November 2001.

(santiebeati.it)

Inspirasimu : Santo Nicholas Owen : 22 maret

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close