KOMSOS KWI
Trending

Pelatihan Audio Visual Keuskupan Sibolga, Mgr. Sinaga: Ingat 4P!

Workshop Audio Visual untuk Keuskupan Sibolga

MIRIFICA.NEWS, SIBOLGA – Pukul 15.00 WIB, lebih dari 40 orang berbondong-bondong meramaikan aula Wisma Keuskupan St. Kristoforus, Sibolga. Mereka datang dari seantero wilayah keuskupan untuk belajar bersama tentang membuat film durasi satu menit. Yang unik pada pelatihan kali ini, hadir juga Administrator Apostolik Sibolga yang juga Uskup Agung Medan (Emeritus), Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga. Bapa uskup bukan hanya membuka acara, tapi menyampaikan sejumlah amanah untuk peserta pelatihan.

Mgr. Sinaga sudah hadir bahkan sebelum 15.00 WIB; beliau duduk bercengkerama dengan para pastor dan peserta pelatihan. Untuk mengawali prosesi pembukaan, diputar video liputan singkat Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap. “Itu siapa itu???” tanya Mgr. Sinaga ketika melihat wajahnya memimpin salve agung tahbisan lalu, disambut tawa para peserta, yang mana sudah duduk, ikut memerhatikan film.

keuskupan sibolga
Mgr. Sinaga hadir menyapa peserta Workshop Audio Visual untuk Keuskupan Sibolga (29/3).

“Saya ingatkan kepada kalian kaum muda, ingatlah 4P dalam pelatihan ini. Apa itu 4P?” tanya Mgr. Sinaga pada sambutannya. “4P itu adalah Pemilu, Pilpres, Pewartaan, dan Persaudaraan..” Sang Opung Uskup menekankan pentingnya untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya pada pelatihan ini, yang kemudian digunakan untuk mendukung proses pemilu dan pilpres April mendatang. Kemampuan yang makin disempurnakan pada workshop ini harus berguna untuk memajukan bangsa dan negara: itulah Gereja yang 100% Indonesia dan 100% Katolik.

keuskupan sibolga
Sambutan Mgr. Sinaga

Pun, bakat membuat film pendek ini wajib dikembangkan, supaya para peserta dapat menjadi perpanjangtanganan Komisi Komsos Keuskupan Sibolga: membuat liputan singkat mengenai aktivitas terbaru paroki, kevikepan masing-masing. Tidak lupa juga, ‘P’ yang terakhir, talenta ini dipakai untuk membangun persaudaraan; bukan hanya persaudaraan dalam Gereja, tapi saudara lintasagama. Tantangan dan ajakan ini cocok untuk menangkis bahkan melawan serangan perpecahan melalui hoaks dan ujaran kebencian.

keuskupan sibolga
Suasana Workshop Audio Visual untuk Keuskupan Sibolga (29/3).

“25 tahun saya jadi Uskup di sini (Keuskupan Sibolga), maka saya juga mau membuka acara ini dengan gaya Nias. Kalian jawab dengan “Hu!!!” Dalam bahasa adat, Mgr. Sinaga menggaungkan suara nyaringnya dengan mic, mengundang senyum seluruh hadirin yang sontak menjawab “Hu!”

Mengenai Workshop

keuskupan sibolga
Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, RD Kamilus Pantus, menyampaikan katekese tentang komunikasi sosial sebagai awal workshop.

Usai pembukaan, RD Kamilus Pantus, Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI, memulai sesi pertama dengan katekese komunikasi sosial. Mgr. Sinaga, bersama RP Charles Sebastian Sihombing, OFM Cap., Vikjen Sibolga, para imam, dan kaum muda, masih duduk menyimak panduan para gembala Gereja mengenai komsos.

Workshop Audio Visual sudah sejumlah kali diadakan di keuskupan-keuskupan: Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Manado, dan lainnya. Kali ini, Keuskupan Sibolga akan belajar menulis naskah untuk film iklan layanan masyarakat bersama RP FX Murti Hadi Wijayanto, SJ. Selanjutnya, peserta akan mendalami teknik pengambilan gambar, lalu mempraktikkan apa yang mereka peroleh. Seluruh proses berlangsung di Wisma Keuskupan St. Kristoforus, Sibolga, dari sore ini hingga Minggu (31/3).

 

Horas, Mejuah-juah, Ya’ahowu dari Keuskupan Sibolga…

Tags

Kevin Sanly Putera

Jurnalis lepas, videografer, trainer, Tim Komsos KWI

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close