KATEKESETeladan Kita

Beato Anacleto Gonzalez Flores : 01 April

Martir

ANACLETO dilahirkan pada 13 Juli 1888, di Tepatitlan, Meksiko. Seorang kristen yang dikenal koheren dan pemberani. Sejak 1914, merupakan masa ketika Meksiko mengalami serangkaian penganiayaan berdarah, begitu banyak para imam, kaum religius dan orang awam disiksa dan dibunuh. Saat itu, Anacleto muncul sebagai penginjil, penasihat dan seorang katekis.

Beato Anacleto Gonzalez Flores
Beato Anacleto Gonzalez Flores/Ilustrasi (Ist-santiebeati.it)

Dirinya dan beberapa kawannya berhasil mendirikan organisasi yang dikenal Asosiasi Katolik Pemuda Meksiko dan Persatuan Rakyat yang merupakan gerakan perlindungan bagi kaum perempuan, petani dan pekerja. Walaupun saat itu kondisi stabilitas negara berantakaran, banyak terjadi perpecahan dan peperangan namun tak membuatnya gentar untuk tetap meneruskan perjuangan yang telah dimulainya demi mendapatkan perlindungan, hak dan kebebasan beragama bagi seluruh lapisan masyarakat

Anacleto merupakan seorang pemimpin berbakat, banyak orang menjadi pengikutnya berkat khotbah dan artikel yang ditulisnya. Orang-orang memberinya julukan “Gandhi Meksiko”,  mengingat apa yang disampaikannya hari demi hari mengandung makna mendalam tentang aliran pasifisme dan penolakan terhadap kekerasan. 1 April 1927 merupakan akhir dari perjuangannya, ia bersama tiga rekannya ditangkap, disidangkan dan dihukum mati. Hingga akhir khayatnya, hanya kata-kata iman dan pujian Kristus Raja keluar dari mulutnya.

(santiebeati.it)

Inspirasimu: Santo Benjamin : 31 Maret

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close