KATEKESETeladan Kita

Beato Michele Rua : 06 April

MICHELE lahir pada 9 Juni 1837 di Turin, Italia. Ia menjadi seorang anak yatim saat berusia 8 tahun, sejak kecil anak bungsu dari sembilan bersaudara ini kerap ikut bekerja demi membantu ibunya. Ia menempuh pendidikan di Oratorium don Bosco, salah satu sekolah yang didirikan oleh Santo Yohanes Bosco diperuntukan bagi kaum miskin papa.

Beato Michele Rua
Beato Michele Rua/Ilustrasi (Ist-fatheralexander.org)

Dilingkungannya ia dikenal sebagai anak yang cerdas dan taat, Don Bosco melihat sisi lain dari Michele dengan potensi luar biasa yang dianugerahkan Tuhan. Don Bosco kerap kali berbagi ide untuk mendirikan sebuah Serikat Religius. Tak heran Michele juga menjadi salah seorang anggota Salesian Don Bosco (SDB), serikat religius pertama yang didirikan.

Ditahbiskan menjadi seorang Imam pada 29 Juli 1860 oleh Uskup Giovanni Balma. Dirinya berbakti kepada Tuhan, fokus menjalani hidupnya berkarya bagi dunia pendidikan selama lebih dari tiga puluh tahun. Mendampingi Don Bosco dalam upaya pengembangan Serikat Salesian.

Sejak tanggal 20 Oktober 1863 Don Rua (nama panggilan Michele Rua setelah menjadi imam)  diangkat menjadi rektor Sekolah Oratorium di Mirabello. Setelah Santo Yohanes Bosco wafat pada tahun 1888, ia didukung penuh dan mendapat penunjukan untuk menjadi penerusnya. Dibawah kepemimpinannya Serikat Salesian Don Bosco bertumbuh dengan sangat pesat. Michele terus berkarya, hingga akhirnya pada 6 April 1910, kembali berpulang ke sisi Bapa disurga. Dibeatifikasi oleh pada tanggal 29 Oktober 1972 oleh Paus Paulus VI.

(katakombe.org)

Inspirasimu : Santa Yuliana dari Cornillon : 05 April

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close