KATEKESETeladan Kita

Beato Clement dari Osimo : 08 April

CLEMENT lahir pada awal abad XIII di Osimo, Italia. Kesucian hidupnya ia baktikan bagi Kristus, pada tahun 1256 dirinya bergabung dengan biarawan Agustinian. Merupakan sosok yang cerdas dan memiliki karakter kuat seorang pemimpin. Dalam karya kepemimpinannya kerap ia warnai dengan penerapan budaya dan spiritualitas yang mendominasi.

eato Clement dari Asimo, Italia
Beato Clement dari Asimo, Italia Ist- santiebeati.it)

Dikenal sebagai seorang pemimpin dengan kualitas terbaik, seorang pekerja keras, teliti dan cermat serta sosok seorang ayah yang bijaksana bagi para umat. Berbuat kebajikan merupakan prinsip hidupnya, dengan kemampuan dan talenta yang dimilikinya, ia persembahkan seutuhnya bagi kemuliaan Tuhan. Beberapa kali terpilih menjadi pemimpin, dirinya diakui sebagai salah satu prior dalam Ordo. Merumuskan kembali dan menyebarluaskan Konstitusi Ordo, sebuah karya monumental yang dihasilkan Clement bersama saudara laki-lakinya dan temannya yakni Agostino Novello. Mereka merupakan promotor tegas dan efektif dari kesatuan Ordo-nya.

Tahun-tahun berikutnya dalam hidupnya, dimanfaatkan dengan menghasilkan banyak karya pembaharuan, hingga akhir hayat, meninggal pada 8 April 1291. Sebuah prosesi penghormatan diberikan saat pemakamannya. Pada tahun 1761, dikonfirmasikan kultus baginya.

Perayaan peringatan baginya bersama dengan rekan seperjuangannya Beato Agostino Novello, diberikan setiap 8 April.

(santiebeati.it)

Inspirasimu : Beato Heman Yosef : 07 AprilĀ 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close