KATEKESETeladan Kita

Santo Stanislaus : 11 April

STANISLAUS dilahirkan di Szczepanow, Polandia pada 26 Juli 1030. Keluarganya berasal dari salah satu kaum bangsawan, ia merupakan anak yang dikaruniakan Tuhan setelah masa penantian selama 30 tahun orang tuanya. Dengan sukacita mendalam, mereka mempersembahkannya kepada Tuhan. Menempuh pendidikan di sekolah katedral Gniezno (saat itu merupakan ibukota Polandia) Gniezno lalu melanjutkan ke Paris Perancis.

Santo Stanislaus
Santo Stanislaus /Ilustrasi (Ist-lenterahidupkatolik.blogspot)

Ia mendermakan semua harta warisannya setelah kepergian kedua orang tuanya, lalu kembali menetap di Polandia dan masuk biara. Beberapa tahun setelah menerima tahbisan, ia diangkat menjadi pengkhotbah dan diakon agung oleh Uskup Uskup Kraków Lambertus II Sula, Polandia. Kemampuannya dalam mewartakan firman Tuhan begitu luar biasa sehingga banyak orang menjadi tersentuh dan menghasilkan pertobatan sejati bagi para klerus maupun awam. Pada Tahun 1072, ketika uskup Lambertus wafat,  ia terpilih dan menerima tahbisan sebagai Uskup Kraków yang baru.

Sebagai seorang Uskup, ia sangat dicintai oleh umatnya karena teladan cinta kasih yang menggambarkan sosoknya. Ia tak segan turun langsung ke tengah masyarakat untuk memberikan uluran tangannya. Para Janda, kaum miskin, dan anak-anak yatim piatu tak luput dari perhatiannya. Rakyat sangat bersukacita dengan kehadiran Uskup Stanislaus.

Pada masa itu Polandia berada di bawah pimpinan Raja Bolesław II yang terkenal kejam dan tidak bermoral, Mula-mula Uskup Stanislaus menasehatinya secara pribadi, namun hanya sesaat Raja merasa menyesal kemudian kembali ke kehidupan lamanya. Bapa Uskup kemudian dengan berani meng-ekskomunikasi raja Bolesław II dari Gereja. Pengucilan ini membuat Bolesław II murka dan menghunus pedangnya, membunuh sang uskup saat beliau tengah mempersembahkan misa. Tuhan melakukan banyak mukjizat melalui Santo Stanislaus yang dikenal sebagai seorang martir. Paus Inosensius IV memberikan penghormatan khusus baginya pada tahun 1253.

Inspirasimu : Santa Magdalena dari Canossa : 09 April

(fransiscanmedia.org&katakombe.org)

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 11 =

error: Content is protected !!
Close