KATEKESETeladan Kita

Santo Zenon dari Verona: 12 April

ZENON lahir sekitar tahun 300, berasal dari Mauretinia – (saat ini wilayah Aljazair, Afrika Utara). Pada masa itu, terjadi serangkaian panjang penganiayaan para umat Kristiani oleh pengikut bidaah Arian. Hijrah ke daerah yang lebih aman merupakan keputusan paling tepat, Santo Zenon hijrah ke Italia dan menetap di sana.

 Santo Zenon dari Verona
Santo Zenon dari Verona (Ist-Katakombe.Org)

Pada tahun 362, Zenon atau yang lebih di kenal dengan Zeno ini terpilih dan menerima tahbisan Uskup di Italia, banyak orang mengenalnya sebagai seorang pengkhotbah yang baik hati dan pembela setia iman Kristiani yang tetap berjuang dengan gigih melawan para bidaah Arian. Dirinya menentang keras Arianisme, dengan tangan terbuka ia menyambut banyak pengungsi yang berasal dari Afrika Utara.

Selain itu, Uskup Zeno juga banyak berjuang agar izin pendirian banyak dan biara disetujui, hasilnya pada masa pengembalaannya pertumbuhan jumlah Gereja dan biara meningkat. Karya kasih dan baktinya ia persembahkan bagi kemuliaan nama Kristus, hingga pada tanggal 12 April 371 Uskup Zeno menutup mata kembali ke hadirat Bapa.

(katakombe.org)

Inspirasimu: Santo Stanislaus : 11 April

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

Check Also

Close
instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share
error: Silakan share link berita ini
Close