KATEKESETeladan Kita

Beato Caesar De Bus : 15 April

CAESAR dilahirkan pada 3 Februari 1544 di Cavaillon, dekat Avignon, Perancis. Ia adalah anak ketujuh dari tiga belas bersaudara. Masa mudanya dihabiskan dengan menjabat sebagai seorang pekerja pegawai kerajaan, jauh dari praktik keagamaan.

Beato Caesar De Bus
Beato Caesar De Bus/Ilustrasi(Ils- santiebeati.it)

Perubahan total kehidupan Caesar terjadi ketika ia mengenal dan menjadi saksi hidup dua orang yang menurutnya penuh dengan gambaran sukacita kasih dan kerendahan hati seorang Kristiani yakni Antonietta Revillande dan Luigi Guyot. Kisah hidup spiritual mereka dan juga pengalaman Caesar saat jatuh sakit parah mengetuk hati dan menginspirasinya untuk meninjau prioritas dalam hidupnya selama ini, termasuk kehidupan rohaninya. Setelah kondisinya pulih dari sakit, ia langsung memutuskan untuk bergabung menjadi seorang Imam, berjuang dengan para Jesuit.

Setelah penahbisannya pada tahun 1582, ia membuat karya pastoral khusus yakni mengajar katekismus kepada orang-orang yang tinggal pedesaan dan terpencil. Karya pelayanannya sangat dibutuhkan dan berhasil diterima dengan baik. Ia dan saudaranya bekerja dalam karya pengembangan program katekese keluarga. Salah satu karya Caesar, Instruksi untuk Keluarga bagian dari Katekismus Roma, diterbitkan 60 tahun setelah kematiannya.

Beato Caesar meninggal di Avignon pada 15 April 1607. Dia dibeatifikasi pada 27 April 1975.

(fransiscanmedia.org & santiebeati.it)

Inspirasimu : Santo Tiburtius : 14 April

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close