KATEKESETeladan Kita

Santa Agnes dari Montepulciano : 20 April

AGNES lahir pada tahun 1268, dekat kota Montepulciano, Italia. Sejak kecil, sudah terlihat bahwa ia memiliki cinta yang luar biasa yang ia persembahkan bagi Yesus dan Bunda Maria. Suatu ketika saat usianya memasuki 9 tahun, ia memohon kepada kedua orangtuanya agar diizinkan tinggal dibiara dekat rumahnya, ia amat senang ketika bisa berkumpul bersama para biarawati.

Santa Agnes dari Montepulciano
Santa Agnes dari Montepulciano/Ilustrasi

Hari-harinya dihabiskan dengan fokus berdoa dan laku silih, kekudusan hidup remaja ini dengan cepat terdengar banyak orang, ia segera menjadi teladan bagi penghuni biara lainnya. Semua saudaranya dalam biara menghormati sosoknya lemah lembut dan baik hati. Tuhan senantiasa memenuhinya dengan roh kudus, sukacita mengalir dalam tiap langkah kakinya.

Sekali waktu Yesus menganugerahinya dengan karunia rohani dan visi dari Bunda Maria. Pada lima belas tahun Agnes remaja terpilih menjadi Kepala Biara (Moeder), Ia menerima izin khusus dari Paus Nicholas IV untuk menerima tugas ini diusia sangat muda. Sebagai pemimpin biara Agnes selalu berusaha adil dan jujur kepada semua biarawati, di dalam hatinya selalu terukir bahwa segala sesuatu ia lakukan hanya bagi Yesus.

Walaupun kerap kali kondisi tubuhnya tidak berstamina namun ia tidak pernah mengeluh dan mengasihani dirinya sendiri, justru selalu bersikap sabar bahkan jika penyakitnya amat parah sekalipun, hingga akhirnya wafat pada tahun 1317. Santa Agenes berpulang dan hidup kekal dalam kemuliaan Allah. Ia dinyatakan kudus pada tahun 1726.

(katakombe.org)

Inspirasimu : Beato James Duckett : 19 April

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close