KATEKESETeladan Kita

Santo Paus Pius V : 30 April

PAUS PIUS V lahir pada 17 Januari 1504, di Italia. Nama baptisnya adalah nama Antonius Ghislieri, seorang yang dikenal akan kekudusannya ini sejak dibaptis sungguh ingin menjadi seorang imam, tetapi tampaknya semua terasa hanya seperti angan-angan. Kedua orangtuanya tidak punya cukup uang untuk memberikannya pendidikan yang layak hingga suatu hari dua orang imam Dominikan berkunjung dan berbincang dengannya. Karena kepribadiannya yang luhur, para imam menyukainya hingga memutuskan untuk memberikannya pendidikan tanpa perlu membayar. Tepat diusianya yang ke empat belas tahun, ia bergabung dengan Ordo Dominikan. Setelah menamatkan studinya, ia ditahbiskan sebagai imam dan memilih nama “Mikhael” .

Santo Paus Pius V/Ilustrasi
Santo Paus Pius V/Ilustrasi

Banyak orang mengenalnya sebagai seorang pemberani yang dengan gigih membela dan mempertahankan  ajaran-ajaran Gereja. setelah ditahbiskan menjadi seorang Imam, kemudian ia ditahbiskan pula sebagai uskup dan kardinal. Hidupnya diisi dengan pengabdian dalam doa dan bermati raga. Paus Pius merupakan seorang yang kudus hidupnya, ketika usianya enam puluh satu tahun, ia terpilih menjadi Bapa Paus dan dikenal dengan nama Bapa Paus Pius V.

Dulu ia merupakan seorang penggembala domba yang miskin yang dipilih Tuhan menjadi perpanjangan tangannya memimpin Gereja Katolik di seluruh dunia. Meskipun demikian, karakternya tidak berubah, ia masih tetap seorang pribadi rendah hati dan sederhana. Dalam kesehariannya, masih tetap mengenakan jubah Dominikan-nya yang putih, jubah tua yang selama ini dikenakannya.

Ia membuka banyak Seminari baru, merevisi brevir, dan buku katekismus baru diterbitkan. Begitu banyak yayasan didirikannya sebagai organisasi untuk menyebarkan Iman Katolik dan melestarikan ajaran Gereja, membangun banyak Rumah sakit dan merawat orang-orang yang miskin dengan dana kas kepausan. Tak patah arah, setiap menghadapi kesulitan ia akan memohon kekuatan dari salib Yesus. Paus Pius V juga membangun rumah-rumah sakit dan menggunakan kas kepausan untuk merawat orang miskin.

Paus Pius V wafat di Roma pada tanggal 1 Mei 1572 dan menerima kanonisasi pada 22 Mei 1712 oleh Paus Klemens XI.

(katakombe.org)

Inspirasimu  : Santo Hugo dari Cluny : 29 April

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close