KATEKESETeladan Kita

Santo Arbeo dari Freising : 04 Mei

ARBEO lahir sekitar tahun 723, dikota Mais (sekarang Meran), Tyrol Selatan – Italy. ia merupakan seorang biarawan Benediktin, Abbas dan uskup di abad kedelapan. Arbeo masih seorang keturunan Bangsawan Dinasti Huosi di Bavaria. Dikisahkan, bahwa Ia mungkin adalah anak yang diselamatkan oleh Santo Cobinian dari banjir di Sungai Passer didekat Meran.

Arbeo tumbuh  dibesarkan dan menerima pendidikan dari Santo Corbinian hingga akhirnya menjadi seorang biarawan Benediktin. Setelah menerima tahbiskan seorang imam, Arbeo ditunjuk untuk menjadi pembantu Uskup Freising, Mgr. Joseph, lalu diminta pula untuk menjadi Abbas (kepala biara) pada tahun 763, bagi biara Benediktin yang baru didirikan di Scharnitz. Satu tahun kemudian Arbeo terpilih sebagai Uskup Freising, menggantikan Mgr.Joseph yang meninggal dunia

Selama menjadi uskup, Arbeo mendirikan beberapa biara baru di Innichen, Schäftlarn dan Schliersee. Ia juga mendirikan sebuah Perpustakaan besar dan sebuah Scriptorium di Freising.  Uskup Arbeola adalah penulis  Codex Abrogans; Kamus Bahasa Latin – Jerman yang pertama dan juga penulis biografi Santo Corbinian.

Santo Arbeo meninggal pada tanggal 4 Mei 783 dan dimakamkan di Freising. 

(katakombe.org)

Inspirasimu : Beata Marie Leonie Paradis : 3 Mei

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

error: Silakan share link berita ini
Close