KATEKESETeladan Kita

Santa Yudit dari Prussia : 05 Mei

YUDIT diperkirakan hidup pada abad ketigabelas. Keluarganya merupakan bangsawan di Thuringia (sekarang wilayah Jerman). Pada masa itu, banyak perempuan Kristiani terinspirasi oleh teladan hidup Santa Elizabeth dari Hungaria, seorang Ratu yang dinyatakan orang kudus pada tahun 1235. Teladan Elizabeth yang juga menginspirasi Yudith, untuk mengamalkan hidupnya seturut teladan dan dalam kesederhanaan.

Sosoknya teristimewa murah hati kepada orang-orang miskin. Walaupun berasal dari kalangan keluarga berada namun Yudit dengan lemah lembut berdandan dan bergaya hidup lebih bersahaja dengan kesederhanaan yang ditampilkannya dalam hidup sehari-hari. Dengan demikian, akan lebih banyak bagian untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Yudit mendengarkan kerinduan yang ada dalam hatinya, ia meninggalkan segalanya dan hidup sebagai seorang pertapa.

Kemudian dirinya pindah ke Prussia di mana tak seorang oun mengenalinya. Hari-harinya dilewati dalam doa dan merawat para pengelana yang kelelahan lewat di depan gubuk kecilnya. Ia berdoa teristimewa demi pertobatan mereka yang belum mengenal dan percaya Kristus. Doa juga ia panjatkan bagi mereka yang baru dibaptis Kristen agar tetap setia pada iman.

Santa Yudit wafat akibat demam pada tahun 1260, peringatan baginya dirayakan setiap tanggal 5 Mei.

(katakombe.org)

inspirasimu : Santo Arbeo dari Freising : 04 Mei 

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial, Konferensi Waligereja Indonesia, sejak Januari 2019-...

Related Articles

Check Also

Close
error: Silakan share link berita ini
Close