KATEKESETeladan Kita

Santo Antonius dari Florence : 10 Mei

ANTONIUS lahir pada 1 maret 1389 di Florence, Italia. Di usia yang cukup muda yakni lima belas tahun, ia mohon agar diijinkan untuk masuk biara Dominikan. Bapa Prior (pemimpin biara) berpikir sejenak, menurutnya Antonius tampak begitu belia dan mungil. Seraya tersenyum dan berkata, “Aku akan menerimamu apabila kamu berhasil menghafalkan `Dekret Gratia’ (sebuah buku yang tebalnya beberapa ratus halaman) di luar kepala.

Sejak kecil Antonius telah menunjukkan bahwa ia memiliki kehendak baik serta kemauan keras. Satu tahun kemudian dia kembali, betapa kagetnya Prior biara Dominikan ketika mengetahui bahwa Antonius telah menghafalkan seluruh Dekret. Melihat kesungguhan dalam menjawab panggilan hidupnya, Pemimpin Biara memutuskan untuk menerimanya sebagai anggota Dominikan.

Santo Antonius dari Florence/ Ilustrasi
Santo Antonius dari Florence/ Ilustrasi

Antonius terus mengejutkan banyak orang dengan cara hidupnya di biara. Banyak peran-peran penting yang datang silih berganti dipercayakan kepadanya seiring beranjak dewasa. Dalam kesehariannya, Antonius menanamkan pengaruh yang baik kepada sesama rekan biarawan Dominikan. Mereka hidup penuh kasih dan saling menaruh rasa hormat, dalam kisah hidup Beato Antonius Neyrot dikisahkan bahwa ia sangat menghormati kesucian hidup membiara Santo Antonius dari Florence.

Pada 1446, menerima tahbisan sebagai Uskup Agung Florence, Italia. Bakti hidupnya dipersembahkan bagi para kaum miskin dan membutuhkan, hingga ia dikenal dengan julukan “Bapa kaum miskin”.  Tidak pernah ia menolak untuk memberikan pertolongan kepada siapa pun. Apapun ia persembahkan bagi mereka, bahkan ketika tidak mempunyai apa-apa, dengan rela ia akan memberikan pakaiannya, sepatunya, bahkan satu-satunya keledai yang biasa ditungganginya. Berulang kali keledainya itu dijualnya untuk menolong orang lain. Dan berulang kali pula keledai itu ditebus oleh orang-orang kaya lalu dikembalikan padanya. Tentu saja, ia akan menjualnya lagi untuk menolong sesama lainnya.

Berkarya hingga akhir hayatnya, Santo Antonius dari Florence wafat pada tahun 1459. Ia dinyatakan kudus pada tahun 1523 oleh paus Adrianus VI. Namanya selalu dikenang pada 10 Mei.

(katakombe.org)

Inspirasimu : Santo Pachomius : 09 Mei

.

Tags

Stefani Ira Wijayanti

Staf Komisi Komunikasi Sosial KWI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close